banner 728x250
SOSIAL  

Forum Dialog Lintas Agama, FKUB Kabupaten Bima Serukan Pilkada Serentak 2024 Berjalan Aman dan Damai

Dalam dialog ini, para pemateri menekankan pentingnya peran tokoh agama dalam rangka menjaga kerukunan harmonisasi antara umat beragama.

banner 120x600
banner 468x60

Bima, detikviral.com – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Bima kembali menggelar dialog lintas agama, di Aula Kantor Camat Belo Kabupaten Bima, Rabu, 04 September 2024.

Kegiatan ini dihadiri Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Bima, Kepala Kesbang Pol Kabupaten Bima, Kapolsek Bola, Danramil Bolo, tokoh agama, masyarakat, pemuda dan perempuan serta Kepala Desa se Kecamata Bolo.

banner 325x300

Dalam dialog ini, para pemateri menekankan pentingnya peran tokoh agama dalam rangka menjaga kerukunan harmonisasi antara umat beragama.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bima, H. Mujiburrahman menyampaikan regulasi dan kebijakan Kementrian Agama dalam merawat kerukunan umat beragama.

Dirinya juga menekankan pentingnya moderasi beragama dan memulai kerukunan tingkat keluarga dan komunitas.

“Dialog ini adalah langkah awal, namun yang lebih penting adalah bagaimana kita membawa semangat toleransi ini kedalam kehidupan sehari-hari ujar,” kata Mujiburrahman.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Kabupaten Bima, Sahrul memaparkan pentingnya harmonisasi dan kerukunan umat beragama dalam mensukseskan Pilkada yang aman dan damai.

Hal senada juga disampaikan Ketua FKUB Kabupaten Bima, H. Suaedin menegaskan pentingnya peran tokoh agama dalam merawat kerukunan umat beragama demi suksesnya Pilkada 2024.

“Semoga dialog seperti ini akan memperkuat rasa saling pengertian dan kebersamaan di tengah keberagaman,” harap Suaedin.

Sebagai pemateri pamungkas, Sekretaris FKUB Kabupaten Bima, H. Ikhwan Zulkifli, menyampaikan materi tentang mediasi sebagai cara pananganan konflik.

Dalam sesi dialog para peserta sangat antusias dari berbagai latar belakang menyampaikan pesan dan kesan kerukunan dan harapan agar Pilkada 2024 dapat berjalan dengan aman dan damai.

Dialog lintas agama ini diakhiri dengan membuat pernyataan sikap bersama dari semua peserta yang hadir. Mereka menyatakan komitmen untuk mensukseskan Pilkada 2024, dan menjalin kerjasama demi mempererat kerukunan beragama di Kabupaten Bima.

FKUB Kabupaten Bima berencana akan terus mengadakan kegiatan berupa secara berkala guna memastikan komunikasi dan kerja sama tetap terjaga menjelang Pilkada serentak 2024.* (MA/ Pelu)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *