Sering Digosipkan Meninggal, Inilah Alasan Orang Hobi Sebar Hoax Terkait Kabar Pak Habibie – Berita Viral

Mantan Presiden B.J. Habibie, selain terkenal dengan kemampuannya menciptakan pesawat terbang, cinta yang sangat tulus kepada Hasri Ainun, Pak Habibie juga terkenal karena dirinya sering sekali ditimpa isu meninggal dunia. Baru masuk rumah sakit, sudah ada banyak broadcast WA yang mengucapkan bela sungkawa. Keluarga Pak Habibie sampai jengkel dan geram sendiri kepada para netizen yang tak lagi menyaring berita itu.

Baru-baru ini, Pak Habibie kembali terbaring di rumah sakit. Namun, ada pesan forward dari berbagai media sosial yang mengatakan bahwa beliau sudah berpulang ke rahmatullah. Sebagai netizen yang budiman dan tak gampang tertipu hoax, kalian kepo enggak sih mengapa Pak Habibie sering sekali dikabarkan meninggal dunia? Kalau belum tau, simak ulasan Berita Viral berikut ini.

Hingga saat ini, sudah sekitar 6 kali kabar meninggalnya Pak Habibie mencuat ke permukaan

Bukan kali pertamanya Pak Habibie dikabarkan meninggal. Kalau mau ditotal, mungkin sudah ada sekitar kurang lebih enam kali berita belasungkawa tersebut tersebar dari satu grup ke grup yang lain. Pada 2016 lalu, Pak Habibie pernah drop dan dirawat di rumah sakit Jerman dan kondisinya berangsur membaik. Bahkan, akun twitter @habibiecenter menyatakan bahwa kondisinya baik dan sedang mengajar di Munich dan Muenster.

Hoax Habibie meninggal [sumber gambar]

Pada 2018, ia kembali dikabarkan meninggal dunia. Tapi, konfirmasi dilakukan oleh Pak Habibie dengan mengunggah fotonya yang sedang nge-gym. Baru-baru ini orang sudah ramai dan mengatakan kalau beliau meninggal. Sampai pihak keluarga geram bukan main dengan berita-berita tersebut.

Usia yang tak muda lagi membuat orang gampang percaya akan berita yang beredar

Jika dibanding dengan artis-artis muda dari diberitakan meninggal dunia, berita dan broadcast tentang Pak Habibie meninggal dunia lebih masuk akan dan bisa diterima oleh netizen. Apalagi sekarang, usia beliau tak lagi muda, sudah 83 tahun.

Habibie saat sakit di Jerman [sumber gambar]

Pak Habibie juga kerap diberitakan masuk keluar rumah sakit karena kondisinya yang kerap drop dan tidak fit. Nah, karena sering masuk rumah sakit, beberapa kali diberitakan meninggal sebelumnya inilah, Pak Habibie menjadi sasaran empuk penyebar hoax.

Karena Pak Habibie adalah tokoh berpengaruh, maka berita tentang dirinya akan mudah sekali membuat gempar

Andai saja pak Habibie bukan mantan presiden Indonesia, tak bisa membuat pesawat, mungkin pemberitaan tentang meninggalnya beliau tidak akan seheboh ini. Namun, karena B.J. Habibie merupakan sosok penting di tanah air ini, maka orang akan dengan sangat cepat menyebarkan berita yang terkait dengan kondisi beliau, termasuk salah satunya meninggal dunia.

Pak Habibie yang sakit [sumber gambar]

Berita-berita ini sering sekali muncul dan disebar melalui whatsapp, sehingga orang yang tak cek dan ricek lagi akan mudah sekali menyebarkannya ke grup atau kontak yang mereka miliki.

Hoax di Indonesia makin subur karena orang-orangnya yang suka menelan mentah-mentah berita yang ada

Jangankan berita meninggalnya Pak Habibie, berita lowongan pekerjaan di luar negeri, orang hilang, makanan beracun, dan lain-lain saja sering kita saksikan lewat berseliweran di media sosial –terutama whatsapp. Ini menunjukkan bahwa orang Indonesia masih malas sekali mengkonfirmasi berita yang mereka terima.

Pak Habibie [sumber gambar]

Saat ada satu berita yang dinilai akan mengejutkan, maka mereka langsung share saja tanpa mengecek ulang apakah berita itu memang benar atau tidak. Kebiasaan seperti ini jelas membuat hoax semakin tumbuh subur dan menancapkan kukunya di tanah air.

BACA JUGA: Berita Mr. Bean Meninggal adalah Hoax, 6 Public Figure Ini juga Pernah Mengalaminya

Hingga sekarang, Pak Habibie masih dirawat di dirawat secara intensif di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta. Pak Habibie juga telah disiapkan 44 dokter kepresidenan untuk menangani kesehatan B.J. Habibie. Kita doakan saja ya, Pak Habibie segera sehat dan pulih hingga bisa beraktivitas seperti biasa lagi.

You May Also Like