Qaf, Gunung Gaib yang Dipercaya Jadi Penyebab Terjadinya Guncangan Heboh di Muka Bumi – Berita Viral

Kalau dilihat beberapa tahun terakhir ini, gempa bumi bisa dibilang cukup sering terjadi. Bahkan yang belakangan muncul di sekitar Banten itu, sampai bikin orang-orang panik. Berbicara soal gempa, biasanya orang akan mengaitkannya dengan aktivitas lempeng bumi. Memang benar demikian, tapi kalau dipandang dari sisi lain, ternyata ada fakta berbeda soal terjadinya guncangan menakutkan itu.

Qaf, adalah nama lain yang juga sering disebut sebagai penyebab gempa bumi. Bahkan ada yang mengatakan jika semua gempa yang terjadi di muka bumi disebabkan olehnya. Lalu siapa Qaf? Menurut riwayat ia adalah sebuah gunung misterius. Ia dikatakan begitu besar, bahkan jadi tiang penyangga langit. Dan gempa sendiri terjadi karena ia menggerakkan urat-uratnya.

Lebih jauh soal Qaf, berikut ini fakta-fakta darinya yang akan membuatmu terbelalak.

Qaf, bapaknya para gunung di dunia

Everest adalah nama yang bakal langsung disebut ketika membahas soal gunung terbesar. Tapi, menurut sebuah riwayat, Qaf lah yang paling masif di muka bumi. Definisi besarnya tidak begitu jelas, namun ia memiliki ukuran yang tak pernah bisa dibayangkan oleh manusia. Tapi sebagai gambaran soal besarnya, gunung-gunung yang ada sekarang seolah hanya sebagai uratnya.

Ilustrasi gunung Qaf [Sumber Gambar]

Bisa dibayangkan ya jika uratnya saja segede Kawi atau Kelud, maka Qaf sendiri tentu besar sekali. Makanya, tak heran gara-gara perumpamaan ini Qaf disebut sebagai bapaknya para gunung di muka bumi. Kemudian bagaimana untuk bentuknya sendiri? Hal ini juga tidak diketahui pasti. Apakah menjulang macam gunung-gunung pada umumnya ataukah berbeda? Tidak ada yang pernah tahu.

Letak Qaf yang tidak pernah diketahui

Setelah tahu kalau ukuran Qaf begitu masif, pertanyaan selanjutnya adalah di mana letaknya? Dengan fisik yang begitu besar, tentu cukup mudah untuk menemukan gunung ini. Mungkin secara logis demikian, tapi faktanya gunung ini juga misterius soal keberadaannya. Seolah ada sebuah tabir yang menutupi mata manusia dari gunung ini.

Ilustrasi Qaf yang mengelilingi dunia [Sumber Gambar]

Meskipun tidak diketahui secara pasti letak gunung ini, namun disebutkan kalau ia mengelilingi dunia. Mungkin analoginya seperti bagian tepi dari sebuah piring atau nampan berbentuk lingkaran. Keterangan ini pun akhirnya banyak dipakai oleh penganut bumi datar. Berangkat dari sini Qaf kemudian disebut penyangga langit, karena pada prinsip bumi datar cakrawala itu berbentuk kubah. Bagian langit yang bertemu dengan daratan berada pada sang gunung ini.

Warna langit ternyata berasal dari Qaf

Kalau ditanya kenapa langit warnanya biru, tentu jawabannya adalah pembiasan cahaya matahari oleh atmosfir. Memang benar demikian, tapi siapa sangka disebutkan pula jika sebenarnya warna langit itu berasal dari Qaf. Waduh, bagaimana ceritanya bisa begitu?

Langit biru adalah pantulan Qaf [Sumber Gambar]

Jadi meskipun tidak diketahui bentuk dan letaknya, disebutkan jika Qaf memiliki warna hijau kebiruan. Bahkan disebut pula ia terdiri dari batuan zamrud. Nah, karena bentuknya yang besar dan ia juga kerap dihubungkan sebagai penyangga langit, maka kemudian sang angkasa ini pun memantulkan warnanya. Sehingga jadilah langit berwarna biru seperti yang kita lihat sekarang.

Qaf yang jadi penyebab gempa di muka bumi

Di bagian awal tadi disebutkan bahwa Qaf adalah penyebab terjadinya gempa bumi di seluruh dunia. Pertanyaannya adalah bagaimana kejadian atau prosesnya? Jadi seperti yang sudah disinggung jika gunung-gunung di dunia adalah uratnya Qaf. Ketika Tuhan menghendaki gempa di sebuah tempat, Dia akan memerintahkan sang gunung besar ini untuk menggoyangkan salah satu uratnya.

Ilustrasi gempa bumi [Sumber Gambar]

Kuat dan tidaknya gempa yang terjadi mungkin tergantung bagaimana Qaf menggerakkan urat uratnya. Lalu kemudian bagaimana sang perkasa ini mampu mengguncang tempat yang jauh tak lain karena antara satu gunung dan lainnya berkaitan. Seperti yang kamu tahu patahan bumi itu saling terkoneksi lewat gunung-gunungnya. Jadi ketika Qaf mengguncang tempat yang jauh, maka ia hanya perlu menggoyangkan uratnya yang berada di sana.

Qaf yang disangkal keberadaannya

Membaca keterangan tentang Qaf ini tentu bikin geleng-geleng ya. Nggak hanya soal bentuk dan kemisteriusannya, tapi juga kemampuannya menggetarkan dunia. Lantaran hal-hal fantastis ini maka tak semua orang lantas mempercayainya. Apalagi umumnya manusia hanya mempercayai apa yang mereka lihat dan dengar. Di luar itu, semuanya hanya dongeng.

Ilustrasi Qaf yang misterius [Sumber Gambar]

Riwayat soal Qaf sendiri termuat dalam sebuah hadist nabi. Sebagai dua kunci iman khususnya bagi umat Islam, maka petuah rasul soal Qaf ini harus dipercaya. Tapi, di lain hari dikatakan jika hadist ini lemah sehingga semua keterangannya tidak cukup layak untuk dipercaya. Hal yang benar terkait hadist tentu adalah merunut siapa-siapa saja penuturnya. Jika semua jelas dan sahih barulah kemudian dipercaya.

BACA JUGA: 4 Tragedi Para Pendaki Hilang di Gunung, Ada yang Tak Pernah Pulang Hingga Kini

Qaf, mau percaya atau tidak kepada keberadaan dan peran sang perkasa ini tentu kembali ke masing-masing ya. Namun yang jelas adanya gempa adalah fenomena alam yang memang akan selalu terjadi seiring dengan bumi yang bergerak. Atau bisa jadi tanda bagi kita, barangkali itu adalah sentilan Tuhan agar manusia tak lalai dan kembali ke jalan yang benar.

You May Also Like