Penting! Ini Tata Cara Mencuci Masker Kain dengan Benar agar Aman Saat Dipakai Berulang Kali – Berita Viral

Di tengah pandemi, salah satu upaya kita agar terhindar dari corona adalah menggunakan masker. Namun, sejak makin meluasnya virus, keberadaan masker medis juga jadi barang langka. Terlebih harganya yang mendadak selangit, walaupun kini berangsur-angsur turun. Meski demikian, ternyata masker kain juga membantu untuk mencegah penyebaran virus. Itu sebabnya pemerintah tetap menganjurkan masyarakat untuk menggunakan masker.

Poin lebih lainnya, masker kain tentu lebih ekonomis karena bisa dipakai berkali-kali. Yang perlu diingat adalah, masker kain harus rajin dicuci. Namun, kesalahan dalam mencuci masker kain juga membuat masker cepat rusak atau bahkan tidak lagi efektif untuk menangkal virus. Agar tidak sampai salah, simak dulu ulasan di bawah ini.

Air hangat suhu minimal 30 derajat

Ilustrasi air hangat [sumber gambar]

Dari akun Instagram Dokter Reisa Brotoasmoro, beliau menjabarkan langkah-langkah untuk mencuci masker kain. Mencuci masker kain memang terlihat mudah dan sederhana, tapi sebenarnya proses mencucinya nggak boleh asal-asalan.  Air yang digunakan pun dianjurkan yang hangat dengan suhu minimal 30 derajat, lebih dari itu lebih baik. Hal itu berperan penting karena mikro organisme tidak tahan pada suhu panas.

Pakai deterjen atau desinfektan

Ilustrasi menggunakan desinfektan [sumber gambar]

Spesialis penyakit menular dari Universitas Columbia Daniel Griffin menjelaskan jika para pemakai mesin cuci hanya membutuhkan deterjen saat mencuci masker. Hal itu karena saat mencuci masker di mesin cuci biasanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit, dan waktu tersebut cukup untuk membersihkan noda dan membunuh bakteri. Namun, jika mencuci menggunakan tangan, sangat dianjurkan untuk menambahkan desinfektan. Caranya adalah dengan menyiapkan wadah berisi air, lalu memasukkan campuran deterjen dan desinfektan. Larutan tersebut digunakan untuk merendam masker selama 30 menit hingga virus bakteri pun mati.

Jangan kucek secara berlebihan

Mencuci masker dengan lembut [sumber gambar]

Setelah merendam masker kain dengan disinfektan dan deterjen, tekan masker dengan lembut jangan sampai mengucek masker kain terlalu kuat. Hal ini penting untuk menghindari kerusakan serat kain. Setelah itu bilas dengan air yang mengalir, dan pastikan tidak ada sisa pembersih di dalam kain. Setelah selesai dibilas, siapkan handuk bersih dan kering untuk menyerap air berlebih pada masker. Kemudian masker pun siap dijemur di bawah paparan sinar matahari.

Hanya gunakan selama 4 jam

masker kain [sumber gambar]

Setelah masker bersih, segera simpan di tempat kering dan bersih. Setiap orang disarankan punya 3 masker kain untuk menjaga sirkulasi pemakaian. Masker kain hanya boleh digunakan selama 4 jam ya. Setelah itu, segera dicuci dengan cara yang benar seperti yang dijelaskan di atas. Jadi buat kalian yang merasa sehat, ternyata masker kain cukup untuk mengurangi percikan saluran napas dan virus corona dari 71% hingga 90%. Tapi ingat, tetap physical distancing, dan rajin mencuci tangan menggunakan sabun ya.

BACA JUGA: Mengenal Jenis Masker Standar Dunia untuk Cegah Virus Corona agar Tidak Mudah Tertular

Itulah tata cara mencuci masker kain yang benar. Gimana? Kira-kira selama ini kalian sudah mencuci masker kain dengan benar belum? Jika belum, sebaiknya mulai menggunakan cara di atas ya, sehingga masker kita jadi lebih awet dan efektif untuk proteksi diri.

You May Also Like