Nostalgia Sosok Hulk Hogan, Pegulat Tangguh WCW yang Jadi Idola Bocah era 90-an – Berita Viral

Tayangan gulat dan pertandingan semacamnya memang menjadi idola banyak orang. Tak terkecuali di Indonesia, acara seperti World Wrestling Champion (WCW) dan World Wrestling Entertainment Smackdown (WWE Smackdown), banyak memiliki pemirsa di tanah air. Tak jarang, tayangan ini pula yang akhirnya memunculkan banyak sosok pegulat yang menjadi idola. Salah satunya adalah Terry Gene Bollea atau dikenal sebagai Hulk Hogan.

Di Amerika Serikat, ia termasuk sosok pegulat terkenal di masanya. Nama-nama seperti Rick Flair, dan Randy Savage, adalah figur yang juga menyertainya karirnya di atas ring hingga dikenal ke seantero penjuru dunia. Saking terkenalnya, sosok Hogan sempat menjadi idola bagi bocah era 90-an. Meski kini dunia gulat agak sedikit bergeser oleh keberadaan Mixed Martial Arts (MMA), nama seorang Hulk Hogan tak tetap dikenal sebagai ikon hiburan gulat di hati penggemarnya.

Mantan musisi yang memutuskan berkarir di dunia gulat

Sebelum terjun di dunia gulat, Hogan merupakan seorang musisi terampil sebagai pemain gitar bass. Ia bahkan sempat menghabiskan waktu selama sepuluh tahun bermain dengan beberapa band rock yang berbasis di Florida dari bar ke bar. Hogan yang pernah berkuliah di University of South Florida dan kemudian tak dilanjutkan, ternyata gemar berolahraga di gym lokal. Di sinilah awal karir sebagai pegulat dimulai. Saat itu, dirinya sering bertemu dengan pegulat profesional Mike Graham dan dan presiden National Wrestling Alliance, Eddie Graham.

Hulk Hogan yang dulunya merupakan seorang musisi [sumber gambar]

Melihat perawakan Hogan yang sesuai, mereka berdua kemudian tertarik dan menyarankan agar Hogan berkarir di dunia gulat. Hingga pada 1976, Mike Graham memperkenalkan dirinya pada Hiro Matsuda, seorang pelatih gulat top di AS pada saat itu. Dalam setahun, Matsuda telah mempersiapkannya untuk debut profesional pertama Hogan, di mana Eddie Graham mengatur agar dirinya bisa melawan Brian Blair di Fort Myers, Florida pada 10 Agustus 1977. Semasa bertanding, ia masih memakai nama Bollea, bukan Hulk Hogan

Sosok ikonik yang membuat tayangan gulat menjadi hiburan yang mendunia

Dari sana, ia kemudian memutuskan untuk memakai topeng dan mengambil persona dari karakter “The Super Destroyer. Saat muncul di sebuah acara bincang-bincang dengan pemeran serial televisi The Incredible Hulk, ia dirinya sempat dibandingkan dengan sang bintang bahwa keduanya sama-sama memiliki kekuatan. Dari situlah, ia kemudian menggunakan nama Hulk Hogan sebagai identitasnya. Tak heran jika dirinya dikenal luas hingga ke seluruh dunia.

Tahun 1979, menjadi awal emas bagi karirnya sebagai pegulat, di mana ia dianggap sebagai ikon daripada bisnis hiburan tersebut dan berhasil memenangkan kejuaraan gulat pertamanya, NWA Southeast Heavyweight Championship. Dari sini, ia kemudian terlibat di serangkaian pertandingan besar pada masanya. Dilansir dari laman resmi WWE, Hogan tercatat pernah melawan Andre the Giant di WrestleMania III, Randy Savage di WrestleMania V, dan The Rock di WrestleMania X8.

Dirikan bisnis dan laris sebagai aktor di layar kaca

Sembari menikmati kesuksesannya di dunia gulat, Bollea kemudian membuka usaha kuliner berupa restoran yang bernama Pastamania Hulk Hogan, dan dibuka pada akhir pekan Hari Buruh pada tahun 1995 di Mall of America, Bloomington, Minnesota, AS. Tak hanya restoran, pria kelahiran 11 Agustus 1953 ini, juga meluncurkan minuman energinya sendiri yang bernama Hogan Energy.

Sosok yang kini memilih untuk berbisnis dan menjadi aktor film [sumber gambar]

Meski kini jarang tampil sebagai pegulat di layar kaca, Hogan juga berkarir sebagai aktor dan telah membintangi sejumlah film. Salah satunya yang paling dikenal adalah Baywatch (1995), di mana ia membintangi karakter atas namanya sendiri. Selain itu, Hogan juga tampil di video games Saints Row: The Third (2011) dan memainkan tokoh bernama Angel de la Muerte.

BACA JUGA: Khabib Nurmagomedov, Pegulat Muslim yang Berhasil Kalahkan McGregor di Arena UFC

Sosok Terry Gene Bollea atau Hulk Hogan kini tak lagi naik ring sebagai pegulat. Selain faktor usia, ia juga fokus mengurus bisnis dan kerap wara-wiri di acara talkshow. Toh meski dirinya telah pensiun dari dunia gulat meski belum sepenuhnya, sosok Hulk Hogan akan tetap diingat sebagai ikon legendaris dari tayangan gulat yang pernah berjaya di masanya.

You May Also Like