Nggak Banyak yang Tahu, Inilah Pahlawan Besar Indonesia yang Lahir di Bulan Januari – Berita Viral

Tak terasa kita telah memasuki bulan Januari yang menjadi awal di tahun 2020 ini. Memulai hari yang baru, banyak dari kita berharap kesuksesan di tahun yang baru ini. Sama seperti para pahlawan di Indonesia yang telah menjadi telah gugur, mereka sukses membangun negeri ini hingga namanya harum dikenang sejarah.

Meski kiprahnya pada negara kerap dijadikan sebagai pembelajaran, tak banyak yang tahu jika banyak dari pahlawan besar tersebut kebetulan lahir di bulan Januari. Mulai dari zaman kesultanan, era kemerdekaan hingga zaman revolusi, tokoh besar ini sukses mengguncang sejarah bangsa dan mengukir namanya dengan tinta emas. Siapa sajakah mereka?

Jenderal Besar Soedirman

Jenderal Soedirman dalam sebuah acara [sumber gambar]

Nama besar Soedirman sebagai Panglima Besar Tentara Keamanan Rakyat (BKR) yang kelak menjadi TNI, terlihat pada perjuangannya yang tak kenal lelah saat bergerilya melawan Belanda. Padahal, tokoh kelahiran 24 Januari 1916 di Purbalingga, Hindia Belanda (Jawa Tengah) itu tengah mengidap penyakit TBC. Atas Jasanya, Soedirman ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional Indonesia pada 10 Desember 1964.

T.B. Simatupang

T.B. Simatupang (ketiga dari kiri) [sumber gambar]

Semasa masih bertugas sebagai TNI, Jenderal T.B Simatupang sempat berseteru dengan Sukarno, Presiden pertama Indonesia. Saat itu, ia dianggap ikut dalam kudeta ‘setengah hati’ pada Sukarno. Tak lama setelah kejadian, T.B Simatupang resmi dipensiunkan dari dinas militer pada 21 Juli 1959 dalam usia 39 tahun. Pangkat terakhir yang disandang perwira kelahiran 28 Januari 1920 itu adalah Letnan Jenderal.

I Gusti Ngurah Rai

I Gusti Ngurah Rai pahlawan asal Bali [sumber gambar]

Kisah kepahlawanan I Gusti Ngurah Rai begitu melegenda dikarenakan dirinya berjuang sampai titik darah penghabisan. Kiprahnya itu tercatat dalam sejarah saat memimpin Puputan Margarana, yang dikenal sebagai perang habis-habisan saat melawan penjajah Belanda. Atas jasanya, nama pahlawan yang lahir tanggal 30 Januari 1917 itu diabadikan sebagai nama Bandara Internasional.

Letnan Jenderal TNI Anumerta MT Haryono

Letjen (Anumerta) MT Haryono yang menjadi korban G30S/PKI [sumber gambar]

Letnan Jenderal TNI (Anumerta) Mas Tirtodarmo Haryono atau lebih dikenal sebagai MT Haryono, merupakan pahlawan revolusi yang lahir pada tanggal 20 Januari 1924 di Surabaya. Dirinya merupakan salah satu Jenderal yang menjadi korban penculikan di malam pengkhianatan G30S/PKI pada 30 September 1965 silam. Tak banyak yang tahu, MT Haryono merupakan perwira yang menguasai tiga bahasa asing, yakni Belanda, Inggris dan Jerman.

Sultan Hasanuddin

Sultan Hasanuddin yang berjuluk Ayam Jantan dari Timur [sumber gambar]

Pahlawan besar dari tanah Makassar ini dijuluki sebagai Ayam Jantan dari Timur karena keberaniannya melawan penjajah. Lahir dengan nama Muhammad Bakir I Mallombasi Daeng Mattawang Karaeng Bonto Mangape di Gowa, Sulawesi Selatan pada 12 Januari 1631, Sultan Hasanuddin beberapa kali mengadakan pertempuran melawan VOC hingga dirinya wafat pada tanggal 12 juni 1670.

BACA JUGA: 5 Artis Yang Lahir Pada Bulan Awal Tahun Baru

Sejarah tentang mereka mungkin telah diulas dalam buku-buku sejarah di sekolah hingga perguruan tunggu. Hanya saja, banyak yang tidak menyadari bahwa para pahlawan tersebut ternyata lahir di bulan Januari. Ya, semoga saja kisah singkat mereka di atas bisa menginspirasi diri kita untuk lebih bersemangat lagi menyambut bulan Januari di tahun 2020 ini.

You May Also Like