Menghitung Harta Qarun, Mansa Musa, dan Nabi Sulaiman, Siapa yang Paling Kaya Ya? – Berita Viral

Siapa yang paling kaya di dunia ini? Bill Gates? Mark Zuckerberg? Atau ada nama pengusaha lain? Berbicara tentang kekayaan zaman ini, sudah pasti pemenangnya adalah beberapa nama di atas. Namun, coba deh kita flashback ke zaman dahulu kala, ada beberapa nama yang hingga sekarang dikenal karena kekayaannya. Mereka adalah Qarun (yang hidup di zaman Nabi Musa), Nabi Sulaiman AS, dan Mansa Musa.

Tiga orang ini masing-masing disebut sebagai sosok yang kekayaannya tidak tertandingi. Seperti apa ya kira-kira kayanya? Yuk, kita hitung jumlah uang dan hartanya dalam ulasan Berita Viral berikut ini.

Jumlah harta dan kekayaan Qarun

Qarun adalah salah satu raja yang terkenal membangkang pada zaman Nabi Musa AS. Ia punya banyak sekali harta benda, bahkan di dalam Alquran (Surah Al-Qashas) disebutkan bahwa Qarun pernah memamerkan kekayaannya, berupa pakaian yang sangat mewah didampingi oleh 600 orang pelayan terdiri atas 300 laki-laki dan 300 lagi pelayan perempuan.

Rumah Qarun [sumber gambar]

Bukan hanya itu, ia juga dikelilingi oleh 4.000 pengawal dan diiringi 4.000 binatang ternak yang sehat, plus 60 ekor unta yang membawa kunci-kunci gudang kekayaannya. Bayangkan saja, 60 unta yang membawa kunci kekayaan? Namun, sayang, kekayaan itu membuat Qarun lupa bersyukur. Karena itulah ia kemudian ditenggelamkan ke dalam tanah bersama dengan harta bendanya.

Kekayaan Nabi Sulaiman AS

Ada seorang ilmuwan yang pernah membandingkan kekayaan Bill Gates dan Nabi Sulaiman. Hasilnya, kekayaan pemilik Microsoft ini hanya sekitar 8 persen saja dari total kekayaan Nabi Sulaiman. Kamu mungkin sangat penasaran kan, seberapa kaya sih Sulaiman ini? Dalam sebuah riwayat, Nabi Sulaiman pernah ingin memberi makan semua makhluk hidup yang ada di muka bumi ini.

Ilustrasi Istana Sulaiman [sumber gambar]

Namun, makanan menggunung yang sudah ia kumpulkan ternyata hanya mampu memberi satu ekor ikan saja. Selain itu, kayanya Nabi Sulaiman bisa dilihat dari istananya yang disebut paling megah di dunia. Di dalam istana itu, bertaburan batu-batu mulia, ada juga taman-taman, dan kolam-kolam penuh air, serta sering diceritakan pula jika di dalam istana juga ada sebuah air terjun. Belum lagi letak keberadaan hartanya yang konon berada di Kuil Sulaiman, yang sampai sekarang masih simpang siur keberadaannya. Enggak terbayang kan betapa kayanya?

Mansa Musa, sang raja Afrika yang terkenal karena kekayaannya

Apakah kamu pernah mendengar nama Mansa Musa? Ia adalah seorang raja Afrika di akhir abad ke-13 yang tercatat sebagai orang terkaya yang pernah ada di dunia ini. Dikenal dengan sebutan Kaisar Mansa Musa I, ia menguasai kerajaan Mali selama 25 tahun, yakni sejak tahun 1312 sampai tahun 1337. Sang raja juga dikenal dengan nama Mansa Kankan Musa I dan Macam Mali.

Ilustrasi Mansa Musa [sumber gambar]

Lalu, apa sih yang membuat ia layak disebut sebagai manusia paling kaya, seberapa banyak hartanya? Nah, selama memerintah, Mansa Musa pernah membangun kurang lebih 400 kota besar, termasuk di dalamnya Masjid Raya Djinguereber. Ia juga berhasil memproduksi emas dan garam terbesar di dunia, ziarah ke Mekkah diiringi oleh ribuan orang, serta membuat kerajaan yang ia pimpin terkenal di mata dunia. Kalau sudah begini, kurang kaya apa lagi coba?

BACA JUGA: 8 Fakta Manusia Terkaya Sejagat dan Sepanjang Masa, Siapa Dia ?

Kekayaan mereka terkenal di zamannya masing-masing. Kalau Nabi Sulaiman dan Mansa Musa terkenal sebagai sosok yang baik sehingga terus dikenang hingga kini, berbeda halnya dengan Qarun. Karena kesombongannya atas harta yang ia miliki, ia dan semua hartanya ditenggelamkan oleh Allah ke dasar bumi, oleh karena itulah kalau ada orang yang menemukan barang berharga, konon benda tersebut terkenal dengan nama harta Qarun.

You May Also Like