Mengenal Masjid Jin Makkah, Saksi Bisu Para Jin yang Dibai'at Nabi dan Patuh Kepada Allah – Berita Viral

Saat mendengar nama masjid ini, apa yang terlintas di benak kalian, Sabat Boombastis? Yap, dari namanya saja kita sudah bisa mengira kalau masjid ini berdiri karena ada peristiwa yang berhubungan dengan para Jin. Masjid Jin sendiri terletak di di kota suci Mekah. Tepatnya di perkampungan Ma’la, tidak jauh dari pekuburan Kota Mekah.

Layaknya masjid lain, masjid ini juga dibangun oleh manusia dan digunakan sebagai sarana beribadah kaum muslim. Tapi kenapa masjid ini bisa dinamakan masjid Jin? Nah, agar tau detailnya, simak dalam ulasan Berita Viral berikut ini ya!

Sejarah berdirinya Masjid Jin

Melansir Phinemo.com,  disebutkan dalam riwayat Imam Bukhari dan Imam Tirmidzi yang berasal dari Ibnu Abbas, sejarah Masjid Jin di Mekkah bermula dari peristiwa pertemuan antara Rasulullah SAW dan serombongan jin terjadi ketika sedang mengadakan perjalanan menuju Pasar Ukkadz.

Jin yang terhalang Nabi Muhammad [sumber gambar]

Saat tiba di wilayah Tihamah, Rasulullah melaksanakan Shalat Subuh yang menyebabkan terhalangnya berita-berita langit yang biasa dicuri dengar oleh bangsa jin. Karena kesal, para jin ini mencari apakah yang menjadi penghalang –sehingga mereka tak bisa mencuri dengar berita dari langit. Setelah mencari, mereka mendengar suara merdu Rosulullah sedang membacakan ayat Alquran di dalam solat subuh beliau.

Para Jin yang kagum lalu memutuskan menjadi muallaf

Muhammad adalah orang yang paling dihargai, bahkan oleh musuh-musuhnya. Maka, tak heran kalau kemudian saat datang dan mengetahui bahwa yang menjadi penghalang mereka adalah manusia paling mulia, para jin ini memutuskan untuk menjadi muslim (muallaf). Para bangsa jin kemudian turun dan menghadap Nabi Muhammad SAW.

Jin yang berbondong minta dibaiat [sumber gambar]

Bangsa jin melakukan baiat suci untuk beriman kepada Allah SWT, mengikuti ajaran Islam, dan menyebarkan agama Allah SWT di kalangan bangsanya. Masjid ini menjadi saksi para jin yang dibai’at oleh Rosulullah SAW. Selain nama Masjid Jin, masjid itu juga dinamakan sebagai Masjid Al- Bai’ah.

Latar belakang turunnya surah Al-Jin

Rombongan jin ini menjadi jin yang pertama masuk ke dalam Islam. Karena peristiwa ini, maka turunlah salah satu surah dalam Alquran yang dinamai dengan surah Al-Jin ayat 1. Ayat ini memberitahukan kepada Nabi Muhammad SAW tentang peristiwa alam gaib yang terjadi di sekeliling mereka.

Latar turunnya surah Al-Jin [sumber gambar]

Selain dalam surat Al-Jin peristiwa ini juga diabadikan dalam Alquran surah al-Ahqaf [46]: 29-32. Hingga sekarang, masjid dengan bangunan yang modern ini memiliki luas sekitar 10 x 20 meter, memiliki dua lantai dan satu basement, di atapnya terdapat kubah yang dihiasi dengan tulisan kaligrafi Alquran Surat Al Jin ayat 1-9.

Jin yang tinggal di kubah masjid dan terus berzikir kepada Allah

Pada saat para jin ini dibai’at oleh Nabi Muhammad SAW, mereka bercerita bahwa para jin juga hidup layaknya manusia, seperti kita. ada yang muslim dan non-muslim. Padahal mereka juga sama sama diperintahkan untuk menjalankan kewajiban agama seperti halnya manusia, seperti sholat, puasa, zakat dan haji.

Masjid Jin Makkah [sumber gambar]

Yang membedakan hanyalah kita berada di alam yang berbeda, karena mereka ghaib. Konon, jin yang dulu ikut bai’at kepada Nabi Muhammad sekarang masih tinggal di kubah Masjid Jin. Mereka selalu berdzikir setiap saat, memuji keagungan Allah SWT.

BACA JUGA: 6 Masjid di Indonesia yang Miliki Cerita Mistis dan Dikeramatkan

Maha Suci Allah yang sudah menciptakan segala makhluk. Nabi Muhammad adalah orang paling mulia dan disegani oleh semua yang hidup di langit dan di bumi. Maka, tak heran karena kelembutan hatinya, musuh atau orang jahat pun bisa luluh hatinya.

You May Also Like