Mengenal Ennore Serta Beberapa Kota Paling Tercemar dan Berpolusi di India – Berita Viral

India adalah salah satu kota paling padat yang ada di dunia, karena jumlah penduduk yang luar biasa banyaknya. Dengan kondisi tersebut, India juga kesusahan dalam beberapa hal, seperti kebersihan kota yang kurang, minim toilet, serta polusi yang luar biasa buruk. India bahkan sukses menggeser China yang sebelum ini menduduki negara paling berpolusi.

Kali ini, Berita Viral akan membahas beberapa daerah di India yang polusinya bisa dikatakan buruk. Mengutip dari The Guardian, setidaknya ada 22 kota di India masuk dalam 30 daftar kota paling berpolusi sedunia, dengan tujuh kota menduduki peringkat 10 teratas. Apa saja? Kita bahas tuntas di bawah ini ya!

Ennore, desa nelayan yang punya lanskap indah

Ennore [sumber gambar]

Kota pertama adalah Ennore. Ennore ini merupakan desa nelayan yang mempunyai lanskap distopia, terjebak di antara pabrik dan lautan. Dulunya, desa ini merupakan tempat yang terkenal menghasilkan juara-juara kabaddi. Sayangnya, sekarang para penduduknya harus berjuang melawan polusi akibat sisa pembangkit listrik Tamil nadu. Sudah ada proyek bertajuk Breathless yang digagas oleh Chandrasekhar (proyek yang menggabungkan cerita dan foto) agar banyak yang sadar bahwa mereka butuh udara bersih, namun hal ini nampaknya tak berjalan begitu baik.

Gurugaram, kota pinggiran yang disebut berbahaya

Polusi di Gurugaram [sumber gambar]

Kota paling berpolusi berikutnya adalah Gurugaram. Gurugaram ini sendiri merupakan tempat yang berada di pinggiran ibu kota New Delhi, adalah kota paling tercemar di dunia. Melansir beritasatu.com, indeks kualitas udara (Air Quality Index/AQI) rata-rata di sana yaitu 135,8 pada 2018 atau hampir tiga kali lipat lebih tinggi dari angka yang dikategorikan oleh Badan Perlindungan Lingkungan (EPA) Amerika Serikat (AS) sebagai “udara sehat”. AQI di Gurugram tercatat di atas 200, luar biasa kacau bukan?

New Delhi, 1,2 juta penduduk meninggal karena polusi pada 2017 lalu

New Delhi polusi Polusi di Gurugaram [sumber gambar]

Sudah barang tentu Ibu Kota India ini masuk dalam kategori polusi paling mematikan. Pada tahun 2017 saja ada 1,2 juta penduduk yang mengalami kematian karena polusi udara. Melansir kompas.com, Indeks tertinggi terjadi pada akhir tahun 2018 dengan nilai 845 berdasarkan acuan penghitungan PM2,5 atau termasuk dalam kategori berbahaya. Adapun yang membuat udara di New Delhi ini buruk adalah awan asap dari petani yang kemudian bercampur dengan emisi kendaraan bermotor dan industri.

Ghaziabad, sekolah sampai tutup

Polusi udara parah [sumber gambar]

Ghaziabad juga merupakan satu kota yang ada di India. Kota ini sama saja seperti kota lain tercemar. Kalau kamu mencoba googling mengenai udara di kota ini melalui Air Quality Index, yang muncul adalah keterangan bahwa ‘udara tidak sehat’ ditandai dengan angka 180. Baru-baru ini, kondisi polusi di India kembali menjadi sorotan banyak media lokal dan asing. Karena polusi itu, setidaknya pengoperasian penerbangan dan sekolah-sekolah yang ada di Noida dan Ghaziabad untuk ditutup sementara waktu, setidaknya sampai kondisi mulai membaik. Jarak pandang aman juga terus menurun, yaitu 300 meter.

BACA JUGA: Melihat Kumuhnya Kehidupan di India, Sisi Gelap yang Jarang Diketahui oleh Orang Banyak

Polusi di India ini memang benar-benar sudah sangat parah. Hal tersebut karena bukan di satu atau dua titik saja yang kesusahan mendapatkan udara bersih, tetapi ada puluhan kota. Tak heran jika kemudian Organisasi Kesehatan Dunia memperkirakan tujuh juta orang terbunuh setiap tahun karena polusi ini.

You May Also Like