Melihat Kamar Kos 2×1 yang Viral Tapi Dianggap Netizen Tak Layak Huni dan Terlalu Sempit – Berita Viral

Kerasnya kehidupan di Ibu Kota sudah sering sekali kita dengar. Ada banyak sekali tantangan yang harus ditaklukkan, terutama bagi para pendatang. Kerasnya kehidupan di Jakarta bukan hanya tentang susahnya mencari penghidupan saja tetapi serba mahalnya fasilitas yang ada di sana.

Namun, meski kota ini sangat mahal dibandingkan dengan kota metropolis lain, ternyata masih ada yang murah loh, yaitu hunian kamar kos 2×1. Yap, kosan ini tak ubahnya oeti mati yang hanya muat untuk satu orang saja. Namun, di tengah mahalnya hidup di Jakarta, bagi para pekerja yang gajinya pas-pasan, kosan dengan harga 300-400 ribu ini sudah sangat lumayan.

Tempat tinggal adalah hal nomer satu yang harus dicari saat berada di sebuah kota

Kamar kos 2×1 [sumber gambar]

Kebanyakan orang yang tinggal di kosan 2×1 ini adalah kaum perantau yang datang dari Jawa atau Sumatera. Mengadu nasib di Jakarta dengan harapan bisa mendapatkan lebih banyak uang dan kehidupan yang layak. Namun, begitulah kenyataannya, mereka harus rela tinggal di kos-kosan yang hanya muat badan saja. Kamar ini disebut juga sebagai kosan box, setiap kamar ada kasur dengan ukuran 200 x 90 x 10 sentimeter. Harganya, mungkin sudah amat sangat murah untuk ukuran hunian di Jakarta yang bisa mencapai jutaan Rupiah.

Jumlah penghasilan membuat banyak orang menyukai kosan ini

Kamar kos yang sempit [sumber gambar]

Saat penghasilan pas-pasan, tetapi ada banyak kebutuhan yang harus dicukupi maka mau tak mau harus berhemat. Tinggal di kosan murah ini adalah salah satu caranya. Meski hanya cukup untuk ‘meluruskan badan’ saja, kosan ini ternyata sangat diminati. Orang-orang yang tinggal di dalamnya pun adalah pekerja kelas bawah dengan penghasilan rendah. Melansir dari katadata.com, mereka kebanyakan bekerja sebagai sales, satpam, ojek online, bahkan mahasiswa.

Rumah yang harganya terus naik dari waktu ke waktu

Kamar kosan yang pas untuk kantong pekerja gaji rendah [sumber gambar]

Secara umum, masyarakat di Jakarta memang kekurangan hunian karena harga rumah terus naik dari waktu ke waktu. Pendatang di Jakarta semakin banyak berdatangan, sedangkan lahannya tak ada. Maka tak heran kalau kemudian harga hunian melonjak naik. Bahkan, ada nih hunian elite di atas mall yang sempat mencuri perhatian beberapa hari lalu.

Ada yang betah di kosan 2×1 ini karena memang nyaman

Kosan yang sangat sempit [sumber gambar]

Kosan ukran 2×1 ini tak ubahnya peti mati. Di dalamnya, si pemilik hanya bisa meluruskan badan saja. Duduk pun tak bisa dengan sempurna. Semua barang seperti buku, baju, dan peralatan lain ditumpuk menjadi satu di pojokan. Namun, ada loh ternyata yang betah tinggal di sini –bukan karena tak mampu atau gaji kecil—karena memang merasa nyaman. Adalah Panca dan Fani, kakak beradik yang sama-sama merupakan penghuni kosan box. Keduanya sudah pernah mencoba kosan eksekutif, tinggal di hotel bintang lima, namun menemukan kecocokan dengan kosan ini. Hal itulah yang membuat mereka mengurungkan niat tinggal di apartemen.

BACA JUGA: 7 Cara ini Bisa Dilakukan Agar Bisa Menaklukkan Jakarta dengan Gaji di Bawah 4 Juta

Bagi mereka yang sudah merasakan manis pahit getir hidup di kerasnya Ibu Kota, maka kosan ini sangat bisa menjadi pilihan. Apalagi setelah bekerja seharian full, pulang dengan segunung rasa capek, emang paling enak langsung masuk kamar dan tidur.

You May Also Like