Melihat Gudang Rongsokan Pesawat Bekas di Jakarta yang Bikin Pemulung Auto Jadi Miliarder – Berita Viral

Apa jadinya jika sebuah pesawat utuh sudah tak lagi layak dinyatakan untuk terbang? Jawabannya cukup simpel, yakni segera dipensiunkan dan teronggok sebagai besi tua. Untuk soal ini, sebuah tempat di pergudangan yang berada di pinggir kota Jakarta menjadi ‘peristirahatan’ bagi transportasi udara tersebut.

Dilansir dari Megapolitan.kompas.com, beberapa bagian yang telah menjadi belahan-belahan tampak tertumpuk di Jalan Pergudangan Marunda II, Cilincing, Jakarta Utara. Sekilas, orang tak menyangka jika barang rongsokan yang berserakan tersebut merupakan bangkai dari pesawat yang tak lagi terpakai. Lantas, seperti apa bentuknya?

Disamarkan oleh kontainer sehingga tidak terlihat dengan jelas

Keberadaan tumpukan dari rongsokan pesawat tersebut, tak banyak diketahui lantaran tersamarkan oleh kontainer-kontainer yang berada di sekelilingnya.Namun jika diamati dengan seksama, barulah kita akan paham bahwa tempat tersebut tak ubahnya sebuah gudang bagi rongsokan dan komponen pesawat yang tak lagi terpakai.

Rongsokan pesawat bekas yang telah dipotong-potong [sumber gambar]

Di sana, tampak terlihat sebuah moncong pesawat yang tak lagi utuh di beberapa bagiannya. Menelisik lebih dalam, ada beberapa bagian yang berada dalam kondisi tidak utuh berupa belahan-belahan. Beberapa komponen seperti kabel dan besi yang selama ini tersembunyi, juga tampak mencuat setelah dilepas menjadi kepingan yang lebih kecil.

Tumpukan bagian-bagian pesawat yang teronggok tak terpakai

Tak hanya potongan badan pesawat, beberapa komponen pendukung seperti sayap, roda pendaratan, hingga kursi-kursi yang ada di dalamnya, juga ikut teronggok di sana. Saking banyaknya tumpukan yang dibiarkan berserakan, pemandangan ini tentu saja sangat menggugah mereka yang berprofesi sebagai pemulung.

Bagian-bagian dari bangkai pesawat yang ada [sumber gambar]

Seperti yang dilansir dari Finance.detik.com, pesawat tipe Boeing 737 classic bekas sebuah maskapai Tanah Air yang bangkrut, dijual dengan kisaran harga Rp 200 juta sampai Rp 250 juta per unit dalam kondisi utuh. Pendapatan lebih besar tentu saja bisa diraih jika dijual sebagai besi kiloan dalam kondisi terpotong-potong.

Badan dan komponen pesawat yang dijadikan sebagai ladang bisnis menguntungkan

Tak hanya di Jalan Pergudangan Marunda II, Cilincing, Jakarta Utara, rongsokan pesawat bekas juga bisa ditemui di pojok lapangan terbang Pondok Cabe, Tangerang, Banten. Tak sekedar dibiarkan teronggok begitu saja, bangkai pesawat bekas itu dipreteli onderdilnya dan kemudian dijual kepada konsumen yang membutuhkan.

Rongsokan pesawat yang menjadi sebuah bisnis [sumber gambar]

Bahkan, ada situs yang secara terang-terangan menjual bangkai pesawat dengan harga per kiloan. Di mana mereka menawarkan bangkai badan pesawat akan dipotong dengan ukuran 70 x 70 sentimeter, dan transaksi yang dilakukan berlokasi di Jakarta. “Timbang, bayar tunai,” demikian bunyi tulisan pada situs tersebut yang dikutip dari Merdeka.com.

BACA JUGA: Dulu Pernah Berjaya dan Jadi Idola, 5 Maskapai Penerbangan Ini Sekarang Tinggal Kenangan

Meski tak banyak yang mengetahui, keberadaan rongsokan dari pesawat bekas tersebut telah memunculkan sebuah bisnis yakni jual beli pesawat maupun onderdil bekas yang menjadi komponennya. Jelas, keberadaannya menjadi favorit bagi para pemulung yang beruntung jika diizinkan berada di sana.

You May Also Like