Lamborghini di Surabaya Keluarkan Asap, Ini Loh Alasan Supercar Rawan Terbakar – Berita Viral

Tentu tak ada pemilik kendaraan yang mau mobil atau motornya terbakar bukan? Namun, ada saja hal tak terduga yang membuat kendaraan dilalap api. Bisa jadi karena konsleting yang terjadi di bagian dalam mobil, atau mungkin juga terlalu lama diajak berkendara sehingga overheat.

Tak hanya mobil biasa saja, supercar jenis Lamborghini saja bisa tiba-tiba terbakar loh. Kejadian ini bukan satu kali dua loh, tetapi beberapa kali beritanya muncul sebagai headline di berbagai media. Kira-kira apa ya yang menyebabkan supercar ini mudah terbakar api ya? Yuk, simak dalam ulasan berikut ini!

Mobil Lamborghini Raffi Ahmad yang terbakar

Kasus terbakarnya supercar yang pertama adalah milik Raffi Ahmad. Lamborghini Aventador Roadster tersebut mengeluarkan api saat sedang berada di kawasan Sentul, Bogor (19/10) lalu. Untungnya, saat mobil itu terbakar, Raffi Ahmad tidak berada di dalam roda empat itu. Supercar ini sendiri memiliki mesin V12 6.500 cc yang mampu melepas 700 hp hingga mencapai kecepatan maksimal 350 km per jam, yang pastinya ia butuh perlakuan khusus.

Lamborghini Raffi Ahmad [sumber gambar]

Ya, saat mobil ini terbakar, Raffi mengaku kalau dirinya memang memakai body kit (modifikasi) sehingga beberapa panel bodi asli Lamborghini-nya diganti dengan berbahan karbon. Bahan karbon ini memang mudah sekali tersulut oleh api loh. Selain mobil Raffi Ahmad, belum lama ini juga ada video viral yang memperlihatkan Lamborghini Aventador yang lagi-lagi terbakar di sekitar Jalan Mayjend Sungkono Surabaya. Apa yang jadi penyebabnya?

Penyebab supercar terbakar karena kesalahan modifikasi

Melansir cnnindonesia.com, kebakaran supercar Lamborghini Aventador seperti milik Raffi Ahmad atau yang terjadi di Surabaya itu bisa terjadi pada jenis apapun, penyebabnya pun bisa beragam. Para ahli otomotif membeberkan bahwa salah satunya adalah kesalahan modifikasi.

Karena mobil ini super duper butuh perlakuan yang khusus, makanya tidak boleh sembarangan melakukan modifikasi. Menggunakan bahan modifikasi yang banyak mengandung karbon seperti yang dilakukan Raffi sangat rawan terhadap sentuhan api, apalagi kalau mobilnya sudah diajak muter-muter dalam jangka waktu yang lama.

Overheat Engine

Melansir merdeka.com, sebuah video memperlihatkan supercar Lamborghini Aventador yang mengeluarkan kepulan asap yang cukup banyak, sehingga orang yang berada di dalam mobil menyelamatkan diri keluar. Diduga hal tersebut dikarenakan mesin mengalami overheat karena cuaca yang terlalu panas di Surabaya.

Lamborghini terbakar di Surabaya [sumber gambar]

Andre Mulyadi, pendiri rumah modifikasi di Bandung menjelaskan bahwa kendaraan sejenis Aventador sebetulnya punya teknologi canggih yang dapat memantau semua kinerja sistem kendaraan. Misalnya saat seperti overheat, indikator pada panel meter akan memberi isyarat kepada pengemudi. Namun, teknologi ini juga punya batasan, tak boleh dipakai dalam jangka waktu yang terlalu lama.

BACA JUGA: Supercar Graveyard, Gurun di Dubai yang Dijadikan Tempat Pembuangan Mobil Mewah

Oleh karena itu, memakai Lamborghini tidak cocok untuk bermacet-macetan dan berpanas-panasan, karena meskipun ada teknologi pendingin di dalam supercar ini, hal tersebut tetap ada batasnya.

You May Also Like