Kisah Wong Fei Hung, Pendekar Kungfu Legendaris yang Dianggap Sebagai Ulama Islam di Cina – Berita Viral

Entah mengapa, nama Wong Fei Hung mendadak ramai dibicarakan karena dianggap sebagai lama dan pendekar kungfu yang muslim. Hal ini terjadi setelah sebuah situs yang bernama congkop.xyz, menayangkan sebuah artikel yang berjudul “Ternyata Wong Fei Hung Adalah Pendekar Muslim China”. Benarkah demikian?

Melihat sejarahnya di masa lalu, Wong Fei Hung merupakan seorang praktisi seni bela diri Kanton dari Cina bagian Selatan. Tak hanya itu, sosok legendaris yang lahir pada tahun 1847 di Guangdong tersebut, juga dikenal sebagai ahli pengobatan tradisional Tiongkok. Lantas, benarkah dirinya adalah seorang pendekar muslim dan ulama di Cina?

Anggapan yang viral soal Wong Fei Hung sebagai pendekar muslim

Hasil tangkapan layar pada situs congkop.xyz [sumber gambar]

Dalam situs congkop.xyz, narasi artikel yang dibangun menuliskan bahwa Wong Fei Hung Adalah Pendekar Muslim yang berasal dari China. Lebih lanjut, tulisan dalam situs itu juga mengklaim bahwa nama asli Wong Fei Hung adalah Faisal Hussein Wong, di mana pendapat tersebut merujuk kepada, nama tengah “Fei” yang berasal dari dialek Kanton untuk menyebut nama Arab, Fais. Tulisan ini pun viral di Facebook dan telah dibagikan sebanyak 74 ribu kali.

Stigma keliru terhadap nama Wong Fei Hung yang dianggap sebagai muslim

Wong Fei-Hung dalam film Once Upon a Tima in China yang diperankan oleh Jet Li [sumber gambar]

Jelas, penamaan Wong Fei Hung menjadi Faisal Hussein Wong harus diselidiki kebenarannya. Dalam sebuah artikel di Yahoo Newsroom, Lai Chee Seng menulis judul “Five reasons why the blog post about Wong Fei Hung being Muslim is a bit iffy“, yang intinya menyanggah klaim dari penamaan di atas karena terganjal sistem Bahasa Mandarin yang punya aturan soal nama.

Kejanggalan soal sosok Wong Fei Hung yang mulai terkuak sedikit demi sedikit

Ilustrasi lukisan sosok Wong Fei Hung [sumber gambar]

Dalam artikel yang ditulis pada congkop.xyz, dituliskan bahwa keluarga Wong terlibat aktif dalam gerakan bawah tanah melawan pemerintahan Dinasti Chin. Hal ini jelas bertolak belakang karena Wong Fei Hung lahir pada tahun 1847 pada masa Dinasti Qing. Sementara itu, pemerintahan Dinasti Ch’in atau Dinasti Qin adalah 221-206 sebelum masehi. Bayangkan, betapa jauhnya jarak tahun antara Dinasti Qin dan Qing. Pertanyaannya, apakah keluarga Wong Fei Hung berumur panjang hingga ribuan tahun?

Artikel yang diambil dari sumber yang telah dihapus dari dunia maya

Tangkapan layar pada situs congkop.xyz yang menggunakan sumber dari website yang diblokir [sumber gambar]

Salah satu kelemahan yang mungkin cukup fatal adalah, klaim bahwa Wong Fei Hung adalah seorang muslim, ternyata diambil dari sumber yang sayangnya telah diblokir pemerintah. Seperti yang dilakukan oleh laman congkop.xyz, rujukan yang diambil berasal situs kumpulanmisteri.com, yang sayangnya tak bisa diakses lagi saat coba ditelusuri oleh Tim Boombastis.

Minim riset dan sumber kredibel yang bisa dipercaya

Sosok Wong Fei Hung yang diperankan oleh aktor Jet Li [sumber gambar]

Karena hanya berupa tulisan biasa dari hasil menyadur situs lain, klaim bahwa Wong Fei Hung seorang muslim tidaklah tepat dan cenderung mengarah ke ranah disinformasi (informasi keliru). Hal ini terjadi lantaran tak adanya riset maupun dokumen atau sumber resmi yang bisa menguatkan klaim tersebut.

BACA JUGA: 5 Berita Hoax tentang Islam yang Sering Dishare (Dan Banyak yang Percaya)

Kisah mengenai Wong Fei Hung yang dianggap seorang muslim, sejatinya merupakan sebuah informasi yang keliru dan bisa disebut sebagai hoaks. Pasalnya, tak ada sumber yang konkret dan kredibel, maupun riset mendalam sehingga kebenarannya tidak bisa dipertanggung jawabkan.

You May Also Like