Kisah Rano Karno dan Oplet Si Doel, Dulu Beli Rp 500 Ribu dan Hasilkan Miliaran Rupiah – Berita Viral

Film Si Doel Anak Sekolahan memang menjadi salah satu tayangan yang penuh dengan nostalgia. Terlebih sosok Si Doel yang diperankan oleh aktor Rano Karno sukses menggambarkan karakter asal Betawi tersebut. Keberadaannya juga tak lepas dari oplet legendaris yang selalu menemaninya dari awal episode hingga akhir.

Waktu yang terus berlalu, oplet milik Si Doel itu telah menjadi barang antik yang sangat langka di dunia. Kendaraan roda empat dengan merek Moris Minor tersebut, kini dimiliki oleh Rano Karno yang dulu berperan sebagai Si Doel. Ada banyak kisah menarik di balik mobil tua itu. Termasuk saat dirinya membeli oplet tersebut seharga Rp. 525 ribu.

Cerita ini dikisahkan Rano Karno pada video yang diunggah oleh Gofar Hilam di saluran YouTube miliknya yang berjudul “Beli 500 Ribu, Ditawar 1 Milyar! Morris Minor Punyanya Rano Karno #SEKUTOMOTIF.” Dalam tayangan tersebut, Rano Karno bercerita tentang impiannya sejak kecil yang ingin naik oplet, hingga mendapatkan kendaraan tersebut sebagai properti syuting film Si Doel Anak Sekolahan.

Saat masih bersekolah, Rano Karno bermimpi agar bisa naik angkutan umum seperti oplet. Saat itu, dirinya kerap berjalan kaki sembari melihat oplet yang melaju di hadapannya. Karena tidak mampu membayar ongkos, Rano Karno hanya bisa memendam keinginan untuk menaiki mobil legendaris tersebut. Baru ketika dirinya terlibat dalam film Si Doel Anak Sekolahan, impian masa sekolahnya terwujud.

Tangkapan layar Rano Karno dan Gofar Hilman [sumber gambar]

Oplet Moris Minor keluaran tahun 1957 pun menjadi salah satu kendaraan yang digunakan syuting film Si Doel Anak Sekolahan hingga beberapa puluh episode. Saat itu, dirinya mendapatkan mobil tersebut pada tahun 1993 dengan harga Rp. 525 ribu dengan kondisi yang dibiarkan apa adanya. Perlahan tapi pasti, Rano Karno mulai membangun ulang mobil yang mesinnya telah diganti milik Mini Chooper 1600 cc tersebut.

Selain Oplet Moris Minor, Rano Karno ternyata pernah mengkoleksi sejumlah mobil tua dengan merek-merek pabrikan otomotif ternama seperti Fargo, Chevrolet, Plymouth, Mini Chopper, hingga Fiat. Sayang, semua kendaraan tua itu kemudian dijualnya karena tak lagi memiliki tempat untuk menampung. Uniknya, oplet legendaris itu pernah ditawar hingga Rp. 1 miliar namun tidak dijual.

Sebagai bagian dari properti untuk syuting, oplet legendaris tersebut memiliki banyak kisah selama Si Doel Anak Sekolahan diproduksi. Terutama sosok almarhum Haji Benyamin Sueb atau akrab dipanggil Babe dan Mandra sebagai kenek yang diperankan oleh Haji Mandra Naih, di mana keduanya kerap menjadi bagian dari mobil tersebut selain Rano Karo sebagai Si Doel.

Meski kondisinya saat dibeli dibiarkan tanpa ada sentuhan modifikasi, mobil legendaris tersebut telah menghasilkan miliaran rupiah lewat film Si Doel Anak Sekolahan. Terlebih setelah belasan tahun ke depan, tayangan tersebut tetap digemari oleh penonton setianya. Film besutan Rano Karno itu pun seolah tak lekang ditelan zaman dengan oplet Moris Minor yang legendaris.

BACA JUGA: Kabar 6 Pemain Si Doel Anak Sekolahan, Dari Politik Sampai Terbaring Sakit

Sebagai benda ikonik yang ada dalam setiap film Si Doel, tentu ada banyak kenangan yang tersimpan di balik sosok kunonya tersebut. Bahkan, Rano Karno yang pernah menjadi supir oplet Moris Minor tersebut, enggan menjualnya meski pernah ditawar hingga Rp. 1 miliar.

You May Also Like