Kisah Gitaris Legendaris Eddie Van Halen yang Ternyata Memiliki Darah Rangkasbitung – Berita Viral

Bagi mereka yang tumbuh dewasa di era 1980-an hingga awal 1990-an, pastilah tak asing dengan grup bang rock legendaris Van Halen. Masyarakat Indonesia sendiri juga familiar dengan sang gitaris, yakni Edward Lodewijk van Halen atau yang akrab disapa Eddie Van Halen. Sekian tahun berlalu, pria kelahiran ‎26 Januari‎ ‎1955 ‎itu ternyata menyimpan kisah menarik.

Dalam sebuah wawancara yang dipandu oleh musisi David Lee Roth, ia berbicara langsung soal dirinya yang ternyata keturunan Indonesia. Dalam sebuah kesempatan lainnya, ia juga sempat membahas tentang asal-usul sang darah Indonesia dari sang ibu, yang kala itu masih bernama Hindia Belanda. Seperti apa kisahnya? Simak ulasan berikut.

Darah Rangkasbitung yang mengalir pada diri seorang Eddie Van Halen

Saat berbincang-bincang dalam sebuah acara, Eddie mengakui bahwa dirinya adalah keturunan Indonesia. Sang ibu yang bernama Eugenia van Beers (1914-2005), merupakan seorang wanita berdarah Eropa-Indonesia (Indo) , yang berasal dari Rangkasbitung, Provinsi Banten.

Eddie dan sang kakak Alex bersama kedua orang tua mereka [sumber gambar]

“Dia berasal dari Indonesia. Keluarganya berasal dari Rangkasbitung,” jawab Eddie yang dikutip dari Celebrity.okezone.com. Bahkan, Eddie juga menjelaskan, bagaimana sang ayah, Jan Van Halen (1920-1986), yang berkewarganegaraan Belanda bisa bertemu dengan wanita yang berasal dari Rangkasbitung, Provinsi Banten tersebut.

Kisah pertemuan romantis kedua orang tua Eddie yang dikisahkan oleh dirinya

Jawabannya pun sungguh unik. Menurut Eddie, kedua orang tuanya itu dipertemukan karena musik. Ya, Jan ternyata merupakan pemain saksofon yang kerap berkeliling dunia. Termasuk saat itu singgah di Hindia Belanda (Indonesia sekarang). Meski demikian, ayah Eddie ternyata juga memiliki darah Swedia dalam dirinya.

Foto kedua orang tua Eddie Van Halen dan dirinya bersama sang ibu saat remaja [sumber gambar]

Sang ibu sendiri sebelumnya menetap di Rangkasbitung sebelum menikah dengan Jan yang merupakan ayah Eddie. Sang ibu sendiri, sangat berarti bagi perjalanan karir Eddie sebagai musisi di masa depan. Hal ini tak lepas dari dorongan sang ibunda pada dirinya dan kakaknya Alex, untuk terus berlatih bermain musik.

Sukses berkarir di dunia musik hingga menjadi musisi legendaris dunia

Hingga pada tahun 1962, Jan memboyong keluarganya bermigrasi ke Pasadena, California, Amerika Serikat. Di negeri Paman Sam inilah, karir bermusik Eddie dan sang kakak Alex semakin berkembang. Di sana, keduanya terus mengasah keahlian masing-masing pada instrumen yang berbeda, di mana Eddie fokus bermain gitar dan Alex menggebuk drum.

Eddie (berbaju putih) bersama personil grup band Van Halen lainnya [sumber gambar]

Di Pasadena pula, ia bertemu dengan David Lee Roth yang akhirnya ditarik sebagai vokalis dan membentuk band bernama Mammoth. Sosok Michael Anthony pun direkrut pada posisi bas untuk melengkapi formasi mereka. Merasa sudah lengkap, Mammoth pun berganti nama menjadi Van Halen pada 1974.

BACA JUGA: 4 Sosok Keturunan Indonesia yang Sukses Jadi Tentara di Negara Lain, Salah Satunya Anak Artis

Sungguh kisah di atas menjadi sebuah fakta unik sekaligus mengejutkan. Terutama bagi fans grup band Van Halen yang ada di Indonesia. Sukses menjadi figur yang dipuja-puji secara luas di seantero dunia, siapa sangka jika salah seorang pemain gitarnya ternyata berdarah Rangkasbitung. Gimana menurutmu Sahabat Boombastis?

You May Also Like