Jadi 'Surga' Dunia, Proyek Neo Mustaqbal Bakal Jadi Kota Metropolis Termegah di Arab Saudi – Berita Viral

Wajah Arab Saudi di bawah kebijakan Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman diprediksi akan mengalami banyak perubahan. Tak melulu menggantungkan pendapatan negara dari sektor perminyakan, negeri di padang pasir itu juga akan melakukan serangkaian terobosan. Salah satunya lewat Neom City

Dalam tulisan terbarunya di situs pribadi Dahlan Iskan, disway.id, berjudul “Neo Mustaqbal’ atau masa depan baru, hal tersebut akan diwujudkan dalam sebuah megaproyek yang diharapkan menjadi pundi-pundi dollar dari Arab Saudi di masa depan. Lantas, seperti apa bentuknya?

Ambisi masa depan Arab Saudi yang ditopang perusahaan minyak dalam negerinya

Masih menurut catatan Dahlan Iskan, Neo Mustaqbal adalah perwujudan dari megaproyek Neom City yang pembangunannya sebagian dibiayai oleh saham Aramco. Dari situ, pemerintah Arab Saudi bisa mendapat uang US$ 300 miliar atau Rp 4.200 triliun, guna menyangga biaya pembangunan kota tersebut.

Habiskan dana pembangunan yang mencapai USD 500 miliar (Rp 6.999,9 triliun)

Di bawah komando Pangeran Mahkota Mohammad Bin Salman, Neom City memiliki nilai USD 500 miliar (Rp 6.999,9 triliun). Jika dibantu pendanaan oleh Aramco sebesar US$ 300 miliar atau Rp 4.200 triliun, itu artinya masih ada kekurangan US$ 200 miliar yang harus dicari. Megaproyek ini sendiri ditargetkan selesai pada 2025 mendatang.

Disiapkan sebagai tambang dollar berikutnya jika minyak telah habis

Salah satu kilang minyak milik Saudi Aramco [sumber gambar]

Sesuai namanya, Neo Mustaqbal (Neom) atau masa depan baru, kota ini digadang-gadang sebagai salah satu sumber pemasukan bagi negara, jika suatu saat minyak Arab Saudi telah habis. Bisa dibilang, keberadaan megaproyek ini merupakan bentuk peralihan Arab Saudi yang tadinya dikenal berorientasi pada minyak, menjadi negara penuh teknologi.

Kota canggih yang diisi dengan suasana modern dan peralatan canggih

Ilustrasi pembangunan bertahap proyek Neom [sumber gambar]

Pembangunan proyek sekelas Neom jelas bukan rencana biasa. Nantinya, kota masa depan itu akan 100 persen energi hijau seperti tenaga matahari dan angin, taksi terbang, hingga mempekerjakan robot sebagai pembantu. Bahkan, pantainya nanti akan dikemas seperti ‘surga dunia’, dengan daya tarik wisata yang atraktif dan modern.

Bakal jadi tujuan wisata di Timur Tengah dan jadi ‘surga dunia’ yang baru

Peta rencana lokasi proyek Neom [sumber gambar]

Ke depannya, Neom juga berencana akan menjadi tujuan wisata dan ‘surga dunia‘ yang paling canggih dibanding kota modern lain di belahan dunia manapun. Dilansir dari inet.detik.com, kecanggihannya meliputi energi terbarukan, teknologi air paling canggih di padang pasir, bioteknologi, manufaktur, media, teknologi digital, makanan, wisata, olahraga, pendidikan, kesehatan, hiburan dan budaya, serta jasa.

BACA JUGA: Aturan ‘Modern’ Ala Arab Saudi yang Membuatnya Semakin Mirip Negara Barat

Sebagai upaya mendapatkan pemasukan negara dari sektor selain minyak, Neom dibangun dengan biaya super mahal dengan harapan kelak bisa menyangga perekonomian negara. Sesuai dengan visi 2030, Arab Saudi secara perlahan akan mengubah wajahnya dengan beragam kejutan di masa depan. Kita tunggu saja.

You May Also Like