Heboh Anak Kecil Dicekoki Bir oleh Teman Ibunya, Ini Dampaknya Bagi si Balita – Berita Viral

Akhir-akhir ini, media sosial lagi digemparkan dengan perlakuan tidak baik dari orang dewasa kepada anak yang masih balita. Dilansir dari kanal youtube Tribun Solo Official, ada anak kecil yang diberi minum bir oleh seorang perempuan. Bukan orang tuanya sendiri, melainkan teman dari ibunya.

Hal ini sungguh membuat orang-orang sejagat maya menjadi penuh kegeraman. Pasalnya, anak sekecil itu diberi alkohol yang tentu membahayakan. Untuk orang dewasa saja, minuman tersebut bisa membuat mabuk. Apalagi untuk anak sekecil itu.

Menurut health.grid.id, dampak jika anak meminum alkohol itu ada banyak. Pertama adalah kerusakan hati. Alasannya karena hati merupakan organ dalam manusia yang berfungsi untuk membuang racun dari tubuh. Nah, cairan bir termasuk racun yang harus dibuang, sehingga jika si anak mengonsumsi alkohol terlalu banyak, hati akan lebih dipaksa bekerja keras. Dan itu akan lebih rentan untuk membuat hati mengalami kerusakan.

Gangguan hati pada balita [Sumber Gambar]

Selain itu, diwartakan oleh The Health Site, bahwa anak kecil yang sudah meminum alkohol akan berpengaruh pada perkembangan kognitifnya. Tapi itu semua tergantung dengan banyaknya bir yang ia minum. Jika sudah terlalu banyak, anak tersebut akan mengalami perkembangan berpikir yang cenderung lebih lambat. Itu akan terlihat ketika mereka berusia enam hingga tujuh tahun.

Perkembangan kognitif akan terganggu [Sumber Gambar]

Kemudian, anak-anak ini bisa jadi pecandu alkohol gengs jika dalam jangka panjang. Gawatnya, ini akan lebih susah dihilangkan karena mereka sudah terlanjur ketergantungan. Sedangkan untuk jangka pendeknya, menukil dari laman rmoljateng, anak-anak ini bisa mengalami keracunan alkohol dan bahkan menyebabkan kematian jika sudah terlalu parah.

BACA JUGA : Masih Ingat Sandi Bocah Perokok asal Malang? Begini Kabarnya Sekarang

Dampak-dampak inilah yang bakal diterima jika alkohol masuk ke dalam tubuh anak di bawah umur. Maka dari itu, sebagai orang dewasa, kita perlu mengawasi saudara-saudara yang masih kecil supaya terhindar dari pengaruh alkohol. Jangan sampai cairan racun tersebut membuat generasi muda menjadi rusak.

You May Also Like