Hal Positif yang Bisa Diambil dari Wabah Corona di Indonesia, Negara Butuh Kita Bersatu! – Berita Viral

Indonesia telah melewati banyak hal saat virus corona mulai menjangkiti beberapa daerah dan kota-kota besar. Mulai dari kritik terhadap pemerintah soal penanganan wabah, hingga banyak dari mereka yang tergerak untuk membantu meringankan sesama. Meski kondisi di lapangan sangat menantang dan tak mudah dilakukan.

Meski kerap diwarnai dengan informasi yang terkadang membuat masyarakat ketakutan, sejatinya ada banyak hal positif yang bisa diambil dari adanya wabah corona tersebut Tak hanya soal kepedulian tentang sesama, tapi banyak hal yang membuat kita semakin sadar akan pentingnya persatuan.

Sejenak mengalihkan perhatian dari hal-hal yang sensitif

Sebelum corona masuk dan merebak di Indonesia, masyarakat kerap beradu dalam gesekan yang mungkin membuat keruh suasana. Mulai dari perbedaan pandangan politik, kasus korupsi, hingga saling hujat di sosial media. Namun saat ini, semua hal tersebut tersisihkan oleh wabah virus corona yang menjadi pusat perhatian masyarakat di Indonesia. Mulai dari pejabat negara, hingga rakyat jelata.

Masyarakat jadi sadar akan pentingnya menjaga kesehatan

Merebaknya virus corona di beberapa wilayah Indonesia, juga memberikan pengalaman baru bagi masyarakat. Tak hanya berupaya menekan penyebarannya tapi juga diingatkan kembali soal pentingnya menjaga kesehatan. Cuci tangan sebelum maupun sesudah beraktivitas, menjadi salah satu bentuk sederhana yang kini mulai rajin disosialisasikan. Kelak jika wabah telah berhasil dikendalikan, apakah cuci tangan ini juga akan menghilang dari kebiasaan?

Manusia mungkin berubah menjadi lebih religius dari sebelumnya

Ilustrasi relijius [sumber gambar]

Kematian memang menjadi momok bagi siapa saja. Bahkan ketika virus corona mulai mewabah di Indonesia, banyak yang khawatir akan menjadi korban berikutnya. Alhasil, manusia pun berubah menjadi lebih relijius dari sebelumnya. Berdo’a memohon keselamatan dari wabah yang ada. Tidak salah memang. Tapi mudah-mudahan sikap relijius akan tetap terus bertahan dan bahkan semakin meningkat. Meski pada saat wabah telah berlalu.

Kepedulian yang tinggi melahirkan persatuan yang solid

Kepedulian dari kondisi sosial yang tengah terjadi di masyarakat, menjadi salah satu hal positif di masyarakat. Banyak dari mereka yang saling membantu, menguatkan, dan bahkan tak segan mengeluarkan harta benda demi sesama. Inilah wujud nyata dari sebuah hal yang bernama persatuan. Bersatu untuk menolong mereka yang membutuhkan. Setitik kepedulian yang dilakukan, bakal menginspirasi banyak orang sehingga akan membuahkan ribuan kebaikan yang lainnya.

BACA JUGA: Warga +62 Susah Dinasehati, 5 Alasan Ini Bikin Wabah Corona Cepat Menyebar di Masyarakat

Semoga saja, hal-hal positif yang terjadi di tengah-tengah wabah corona bisa menguatkan masyarakat sehingga memunculkan sikap optimis dalam menyikapi fenomena yang ada. Wabah corona memang menakutkan. Tapi bukan menjadi hal yang mustahil jika suatu saat pandemi tersebut bisa diatasi sepenuhnya. Kuncinya masyarakat harus sadar akan pentingnya menggalang persatuan, dan fokus mencegah wabah agar tidak semakin tersebar di masyarakat.

You May Also Like