Ditekuk 2-1 Oleh Vietnam, Begini Taktiknya Agar Indonesia Tetap Bisa Lolos ke Semifinal – Berita Viral

Sempat optimis dengan raihan kemenangan di dua pertandingan melawan Thailand dan Singapura, timnas U-22 Indonesia akhirnya ditekuk oleh Vietnam dengan skor tipis 2-1 dalam laga ketiga fase grup SEA Games 2019. Padahal, skuad Garuda muda sempat memimpin terlebih dahulu dengan melesakkan satu gol pada babak pertama.

Meski menelan kekalahan, bukan tidak mungkin Indonesia bisa tetap lolos hingga ke semifinal. Selain menyisakan dua laga melawan Laos dan Brunei, skuad asuhan Indra Sjafri itu juga bisa memaksimalkan pertandingan sisa dengan mencetak gol sebanyak mungkin. Cara lainnya? Simak ulasannya berikut ini.

Berharap Vietnam bisa menundukkan Thailand agar Indonesia bisa menjadi Runner up Grup

Pesta gol alias menutup pertandingan dengan kemenangan telak, menjadi peluang Indonesia di laga sisa menghadapi Laos dan Brunei Darusallam. Secara kemampuan, Indonesia bisa dibilang berada di atas kedua negara tersebut. Namun, akan lebih mudah jika Vietnam mampu menaklukkan Thailand.

Selebrasi pemain Indonesia Sani Rizki saat berhasil mencetak gol ke gawang Vietnam [sumber gambar]

Indonesia yang kini berada di urutan ketiga klasemen sementara, punya perolehan poin yang sama dengan Thailand dan kalah dari selisih gol saja. Jika Vietnam mampu mengalahkan Thailand, Indonesia tak perlu repot memenangkan dua laga sisa dengan skor telak. Dengan kekalahan skuad Gajah Putih itu, Indonesia bisa lolos sebagai runner up grup di bawah Vietnam

Ada peluang menjadi juara grup dengan memanfaatkan selisih gol

Peluang menjadi juara grup juga bisa diraih oleh timnas U-22 Indonesia, meski harus melewati perjuangan yang berat. Semua ini bisa terjadi jika Vietnam, Thailand, dan Indonesia sama-sama memiliki nilai 12. Maka, penilaian yang diukur adalah raihan selisih gol terbanyak.

Momen Timnas U-22 saat menjadi juara piala AFF [sumber gambar]

Gampangnya, Indonesia bisa menjadi juara grup jika selisih gol yang dimiliki melampaui torehan yang dicapai oleh Vietnam dan Thailand. Meski demikian, hal ini cukup berat dan berisiko karena skuad selisih gol Garuda muda tertinggal jauh dibandingkan dua negara tersebut.

Menutup dua laga sisa dengan kemenangan yang telak

Upaya terakhir yang bisa menjadi kunci sukses Indonesia agar lolos ke semifinal adalah, dengan cara memaksimalkan dua pertandingan sisa menghadapi Laos dan Brunei Darusallam. Tak sekedar bertanding, skuad asuhan Indra Sjafri itu harus menang dengan skor telak.

Berharap dapat memakimalkan laga sisa di dua pertandingan terakhir [sumber gambar]

Dilansir dari CNNIndonesia.com, selisih gol yang dicetak oleh Vietnam berjumlah +12, disusul Thailand (+8), dan Indonesia (+3). Dari data yang ada, jelas Indonesia harus tampil habis-habisan di dua laga terakhir dengan panen banyak gol. Selain torehan poin, selisih gol yang dimiliki juga bisa mengerek posisi Indonesia agar lolos ke babak semifinal.

BACA JUGA: Beli Minum Sendiri Hingga Jalan Kaki, Inilah ‘Cobaan’ Timnas U-22 di SEA GAMES 2019

Di dunia sepak bola, terkadang hal yang tadinya mustahil ternyata bisa dimanfaatkan menjadi peluang untuk meraih kemenangan. Sama seperti taktik di atas, semua bisa saja terjadi-atau mungkin bahkan tidak sama sekali, karena masih berupa hitung-hitungan sementara. Hasil akhir, semua ada di pertandingan yang sesungguhnya di lapangan.

You May Also Like