Dikenal Sebagai Satuan Elit, Inilah Alasan Perwira TNI AD Berguru ke US Army Ranger – Berita Viral

Sosok Kapten Inf Teddy Indra Wijaya mendadak jadi sorotan setelah dirinya berhasil lulus setelah menempuh pendidikan di US Army Ranger School, Fort Benning, Georgia, Amerika Serikat. Mantan asisten ajudan Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu menjadi sekian perwira asal RI yang berguru pada pasukan paling elite di Angkatan Darat AS tersebut.

Jauh sebelum Teddy, Presiden ke-6 RI Jenderal (Purn) Susilo Bambang Yudhoyono, juga merupakan lulusan dari US Army Ranger School. Lantas, hal apa saja yang menjadi daya tarik bagi para perwira TNI AD untuk berguru ilmu kemiliteran di sana? Simak ulasannya berikut ini.

Satuan elit yang meluluskan banyak Jenderal berpengaruh di Indonesia

Kapten Inf. Teddy Indra Wijaya berhasil lulus dari US Army Ranger School [sumber gambar]

Pelatihan US Ranger Army School tak hanya meluluskan Kapten Inf Teddy Indra Wijaya saja. Jauh sebelum itu, nama-nama besar di dunia militer TNI AD juga menjadi alumninya. Seperti Presiden ke-6 RI Jenderal (Purn) Susilo Bambang Yudhoyono, eks Sekjen Wantannas Letjen (Purn) Nugroho Widyotomo, mantan Dankodiklatad Letjen (Purn) Syaiful Rizal, dan eks Sekretaris Menkopolhukam Letjen (Purn) Hotmangaraja Panjaitan.

Memiliki reputasi sebagai salah satu pasukan elit dunia

Pasukan elit Angkatan Darat dari satuan infanteri [sumber gambar]

US Army Ranger menjadi salah satu dari banyak pasukan elit yang ada di dalam militer Amerika Serikat dari satuan Angkatan Darat. Dilansir dari Laman Goarmy.com, pasukan yang didirikan oleh Robert Rogers di era perang Perancis-Indian ini merupakan satuan terpilih, dengan pengalaman dan taktik pertempuran taktis di lapangan yang masih digunakan hingga saat ini. Tak heran jika US Army Ranger masuk sebagai jajaran pasukan elit, baik di AS sendiri maupun dunia.

Metode dan doktrin pelatihan yang menyesuaikan kebutuhan militer saat ini

Ilustrasi pasukan US Ranger saat berlatih [sumber gambar]

Bukan perkara yang mudah untuk menjadi seorang Ranger. Hal ini telah dibuktikan oleh Kapten Inf Teddy Indra Wijaya selama mengikuti pendidikan hingga lulus. Standar penilaiannya sendiri menggunakan sistem gugur. Di mana siswa akan menjalani serangkaian tes seperti kepemimpinan dalam patroli, kemampuan individual dalam fisik, tes taktis ranger dalam tahap RAP week, navigasi darat, hingga serta evaluasi rekan sejawat (peer evaluation).

Prajuritnya didikannya terbukti battle proven dengan pengalaman tempur yang mumpuni

Ilustrasi pertempuran US Army Ranger [sumber gambar]

Para alumni US Army Ranger terbukti menjadi yang terbaik di bidangnya. Sejak era perang Perancis-Indian hingga palagan di Timur Tengah, pasukan yang dikenal dengan motto “Ranger Lead the Way” ini kerap diterjunkan di berbagai konflik bersenjata yang terjadi di belahan dunia. Mulai dari Revolusi Amerika, era Perang Saudara, PD I dan PD II, Perang Vietnam, hingga operasi militer di Irak dan Afghanistan.

BACA JUGA: 5 Fakta Sangar Pasukan Khusus Amerika ini Bikin Dunia Ampun-Ampun

Dalam setiap misi pertempuran yang dijalankan, pasukan US Ranger dikenal sebagai unit spesialis operasi penyerbuan khusus dan pengintaian jarak jauh di belakang garis musuh. Nama besar dengan sederet pengalaman di lapangan itulah, yang membuat banyak perwira terpilih dari Indonesia berguru kepada US Army Ranger.

You May Also Like