Dari Cicak Hingga Tak diaduk, 4 Hal Ini yang Bikin Nasi di Rice Cooker Cepat Basi – Berita Viral

Saat ini, kita sudah enggak perlu lagi susah-susah untuk menanak nasi. Hanya dengan menggunakan rice cooker, nasi bisa cepat matang sempurna. Btw, apa kalian pernah mengalami nasi yang cepat sekali basi saat menanak di rice cooker? Padahal, kondisi dari alat penanak nasi baik-baik saja.

Hmm.. ternyata ada beberapa hal yang belum kita tahu di sini Sahabat Boombastis. Bahwa, ada banyak faktor pemicu nasi cepat basi meskipun rice cooker baik-baik saja. Kira-kira apa saja ya penyebabnya?

Cicak atau kecoa yang masuk ke dalam rice cooker

Salah satu akun facebook yang bernama Alif Mustika menceritakan pengalamannya tentang nasi basi pada rice cooker miliknya. Awalnya, rice cooker tidak mengalami kerusakan apapun gengs. Namun, anehnya, nasi yang ada di dalam alat penanak tersebut sangat cepat basi dari biasanya. Alhasil, dirinya pun membawa rice cooker ke tukang servis terdekat.

Ada kecoa dan cicak yang masuk ke rice cooker [Sumber Gambar]

Ternyata eh ternyata, setelah dibongkar, ada banyak cicak dan kecoa di dalam rice cooker tersebut. Pengguna facebook ini pun berkata, jika cicak atau kecoa bisa masuk ke dalam rice cooker tersebut karena penutup terlalu sering dibuka. Jadi, hewan-hewan ini pun bisa masuk ke sela-sela penutup rice cooker dengan mudahnya. Oleh karena itu, supaya tak terjadi lagi, alangkah baiknya alat penanak nasi ini dicuci dua minggu sekali. Selain itu, hindari terlalu sering membuka penutup rice cooker untuk memberi peluang dua binatang ini masuk ke dalam alat penanak nasi.

Penutup rice cooker kurang rapat

Sebelum menyalahkan rice cooker, kita sebaiknya perlu introspeksi diri. Ya karena bisa saja nasi basi terjadi lantaran kesalahan kita sendiri nih. Bisa tebak enggak nih apa kesalahannya? Jadi, kesalahannya adalah tidak menutup rapat rice cooker saat mengambil nasi.

Tidak menutup rapat rice cooker [Sumber Gambar]

Yap, ini ternyata sangat berpengaruh lho Sahabat Boombastis. Dikarenakan jika penutup tidak rapat, maka alat penanak nasi akan kesulitan mempertahankan suhu. Sehingga membuat nasi cepat berair dan alhasil menjadi basi. Dari sini, berarti kita bisa mengambil kesimpulan, kalau sesudah mengambil nasi, pastikan tutup rice cooker-nya hingga mengeluarkan bunyi.

Beras tidak dicuci dengan bersih

Selain dua alasan di atas, masih ada penyebab lainnya mengapa nasi cepat basi di rice cooker. Nah, itu juga bisa terjadi ketika pencucian beras tidak bersih. Dilansir dari laman mapan.id, mencuci beras yang tidak bersih akan membuat kualitasnya menurun dan berakibat bakteri mudah menyatu. Hasilnya, nasi yang kalian masak bisa beraroma tidak sedap dan menyebabkan ia menjadi cepat basi.

Beras tidak dicuci bersih [Sumber Gambar]

Hayo, siapa di sini yang suka cuci beras tidak bersih? Udah, enggak masalah, tapi ke depannya kalian harus memastikan beras benar-benar bersih ketika dibilas. Cara mengetahui beras bersih atau tidak adalah dari airnya. Kalau airnya bening, maka nasi siap untuk ditanak. Namun, apabila air masih keruh, berarti masih perlu dibilas beberapa kali lagi.

Nasi yang sudah matang tidak diaduk

Seorang ahli fisika dari ITB bernama Prof Mikrajudin Abdullah menuturkan adanya penyebab nasi cepat basi di rice cooker. Menurut perhitungan dari rumus fisika yang ia pelajari, nasi cepat basi dikarenakan tidak diaduk tepat setelah matang. Mengapa demikian? “Karena setelah nasi matang, masih ada air yang terperangkap antara butiran nasi. Air akan keluar melalui proses penguapan (difusi) dan prosesnya lama,” lanjut Prof Mikrajuddin.

Tidak mengaduk nasi [Sumber Gambar]

Beda halnya kalau kita mengaduk nasi tersebut tepat ia setelah matang. Maka akan tercipta ruang kosong di antara butiran nasi. Dan itu bisa membuat air yang terperangkap pada nasi dapat menguap keluar dengan sendirinya. Maka dari itu, mulai sekarang, aduk nasi setelah matang selama beberapa detik ya.

BACA JUGA : Waspada! Sisa Nasi yang Dipanaskan Ulang Bisa Menjadi ‘Racun’, Ini Alasannya

Ternyata, penyebab dari nasi yang cepat basi bukan dari rice cooker-nya saja ya. Melainkan berasal dari si manusianya sendiri. Semoga tipsnya bermanfaat ya dan bagi kalian yang tahu penyebab nasi cepat basi di rice cooker selain di atas, bisa banget untuk share di kolom komentar.

You May Also Like