Berbotot 1 Ton, Jenis Sapi Berukuran Super Ini Jadi Favorit Kurban di Indonesia – Berita Viral

Dalam setiap perayaan Idul Adha, hari besar bagi umat Islam ini ditandai dengan penyembelihan hewan ternak berupa sapi dan kambing. Meski demikian, hal tersebut tak begitu saja dilakukan. Ada aturan tertentu sebelum menyembelih yang sebelumnya pernah diulas oleh Boombastis mengenai tata cara dalam menyembelih hewan kurban. Pun dari sapi dan kambing yang dipilih haruslah sehat dan memenuhi syarat.

Soal kurban, masyarakat Indonesia ternyata memiliki varian hewan untuk disedekahkan dagingnya. Salah satunya adalah sapi, di mana belakangan ini jadi sorotan lantaran Presiden Joko Widodo juga berkurban hewan tersebut. Tak hanya kepala negara, sapi jenis tertentu dengan berat rata-rata 1 ton juga menjadi favorit para elit negeri ini untuk dikurbankan. Kira-kira, sapi apa saja ya?

Sapi ongole yang menjadi program wajib pemerintah

Sapi Ongole [sumber gambar]

Jenis sapi yang satu ini menjadi hewan kurban yang disumbangkan oleh Presiden Joko Widodo pada perayaan Hari Raya Idul Adha 2019. Menurut Kepala Dinas Pertanian Maluku, Diana Padang menjelaskan, sapi jenis ongole merupakan jenis sapi unggul yang merupakan hasil pengembangan program Sapi Indukan Wajib Bunting (Siwab). Terdiri dari dua program utama yakni Inseminasi Buatan (IB) dan Intensifikasi Kawin Alam (Inka), tujuan Siwab ini sendiri untuk mengakselerasikan percepatan pemenuhan populasi sapi potong.

Sapi Brahman asal India yang memiliki sedikit lemak

Sapi Brahman 1,3 ton milik Presiden Joko Widodo [sumber gambar]

Berasal dari India, sapi brahman merupakan hasil dari peranakan sapi zebu terbaru yang juga dari negeri Bollywood tersebut. Jika diternak dengan baik, hewan ini bisa mencapai bobot seberat 1 ton. Meski berasal dari India, ada banyak varian dari jenis ini yang juga diternakan di negara lain seperti sapi brahman Amerika dan sapi brahman cross Australia. Keunggulan hewan satu ini memiliki sedikit lemak dan cocok diternak dengan cara kawin silang.

 populer sebagai hewan potong

Pejantan unggul sapi simmental [sumber gambar]

Beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo menyumbangkan sapi bernama Mike Tyson untuk dikurbankan pada perayaan Idhul Adha 2019. Diketahui, hewan tersebut berjenis Simmental yang memiliki berat lebih dari 1 ton. Sapi yang berasal dari lembah Simme, yaitu Swiss bagian barat ini, tergolong cocok menjadi hewan kurban karena memiliki sedikit lemak. Selain itu, keunggulan lainnya adalah pertumbuhannya yang cepat dan produksi susu yang istimewa.

Sapi Limousin yang juga dikurbankan oleh Presiden Joko Widodo

Sapi Limosin [sumber gambar]

Dikembangkan di wilayah Limousin serta Marche Prancis, populasi sapi limosin ini mendunia setelah diekspor secara besar-besaran dari negara asalnya. Di Indonesia, sapi limosin menjadi salah satu hewan kurban yang disumbangkan oleh Presiden Joko Widodo saat perayaan hari besar Idhul Adha 2019 di Masjid Istiqlal, Jakarta. Satu ekornya rata-rata memiliki berat lebih dari 1 ton. Tak banyak yang tahu, sapi limosin merupakan salah satu ras hewan tertua di dunia.

Sapi Bali khas lokal Indonesia yang populer sebagai hewan kurban

Sapi Bali [sumber gambar]

Sebagai jenis sapi yang berasal dari Bali, Indonesia, hewan ini juga menjadi favorit untuk dijadikan sebagai kurban selain dengan varian di atas. Jika diternak secara telaten, sapi yang memiliki memiliki warna putih pada bagian lutut hingga ujung kaki ini kualitasnya tak kalah dengan jenis sapi super lainnya. Menariknya, sapi jantan dan betina dibedakan berdasarkan warna yang ada.

BACA JUGA: Diberi Karpet Tidur, Begini Sisi Unik dari Sapi Kurban Milik Presiden yang Berbobot 1 Ton

Sapi-sapi di atas, adalah jenis yang populer di Indonesia sebagai hewan kurban saat perayaan Idul Adha tiba. Tak hanya dianggap memenuhi syarat seperti bobot dan sebagainya, tapi juga memiliki banyak daging sehingga bisa bermanfaat banyak bagi mereka yang membutuhkan.

You May Also Like