Ariani Nismaputri, Penyanyi Muda Berbakat di Tengah Keterbatasan Fisiknya – Berita Viral

Sudah bukan hal yang mengejutkan lagi kalau belakangan ini banyak sekali muncul penyanyi-penyanyi cover yang menyanyikan ulang lagu yang banyak disukai oleh netizen, tak terkecuali bagi Ariani Nismaputri. Namanya mungkin memang tidak begitu dikenal, tapi untuk kamu yang sering mengikuti beberapa ajang kontes musik tanah air pasti pernah melihat ia di atas pentas.

Putri adalah remaja berusia 13 tahun ini punya suara yang merdu dan mahir bermain piano. Dalam Instagram pribadinya, Putri kerap membagikan momen di mana ia menyanyikan lagu sambil main piano. Padahal, secara fisik putri memiliki keterbatasan. Namun, niat yang gigih dan kemauan keras mampu membuat ia mendobrak kekurangan tersebut.

Seorang tunanetra sejak usia 3 bulan

Putri lahir di usia kandungan ibunya baru berusia 6 bulan, ketika itu ia dinyatakan kondisi ROP (Retina of Premature). Pada usia 3 bulan, dengan berat hati orangtua Putri harus menerima bahwa anak mereka buta total. Ternyata semua tak menyurutkan niat gadis asal Pekanbaru ini untuk bangkit dan membuktikan bahwa ia bisa.

Putri Ariani [Sumber gambar]

Mengikuti jejak sang ayah, Putri sudah mencintai dunia Tarik suara sejak ia berumur 2 tahun. Tak heran, di usianya yang masih 7 tahun ia sudah berani menyanyi di atas pentas. Walaupun punya suara emas, putri mengaku tidak pernah les vokal, ia hanya belajar secara otodidak. Hebat kan?

Kerap dibully dan mendapat perlakuan berbeda

Ini memang sering sekali terjadi, di mana mereka yang minoritas mendapat perlakuan berbeda. Putri mengaku pernah mengalami hal itu. ketika ia duduk di bangku SMP, ia dibully oleh teman-temannya karena kondisi fisik yang tidak sempurna. Ketika waktu istirahat, ia juga selalu sendirian tanpa ada teman yang mau menemani.

Diksriminasi lain juga pernah ia dapatkan saat mengikuti lomba menyanyi. Dari 12 peserta yang menyumbangkan lagu, hanya dirinya yang tidak dianggap sebagai orang yang ikut kompetisi. Dari situlah tekad Putri untuk menjadi penyanyi terkenal semakin membuncah. Ia sangat optimis jika suatu saat dirinya pasti berhasil.

Sering ikut dalam berbagai kompetisi menyanyi

Kecintaan akan dunia seni musik membuat Putri tak lelah mencoba banyak peruntungan, terutama ikut berbagai macam ajang pencarian bakat. Pada tahun 2014, ia pernah ikut dalam Indonesia’s Got Talent. Pada saat itu, usia putri baru 8 tahun dan masih duduk di bangku kelas 2 Sekolah Dasar. Awal seleksi membawakan lagu ‘Listen’ dari Beyonce, putri ternyata bertahan hingga akhir babak dan keluar sebagai juara.

Tak berhenti di situ, dirinya kembali mengikuti The Voices Kids Indonesia Season 2 yang tayang di Global TV pada 2017. Blind audition dengan lewat lagu ‘Secret Love Song’, ia ternyata masuk team #PapaBebi. Sudah berusaha semaksimal mungkin, Putri hanya bertahan hingga babak Sing Off dan harus mengakui kehebatan Kesha.

Menyanyikan theme song Asian Para Games 2018 dan update cover lagu

Setelah ikut dalam berbagai kompetisi, nama putri kian bersinar. Ia kembali terpilih untuk menyanyikan theme song Asian Para Games 2018, berkolaborasi dengan artis senior sekelas Armand Maulana, Once Mekel, Vidi Aldiano, serta Maudy Ayunda. Prestasi ini bukanlah hal yang main-main mengingat ada banyak orang yang ingin sekali berada satu panggung dengan penyanyi  di atas yang sudah bergelut dengan dunia musik.

Menyanyi untuk theme song Asian Para Games [Sumber gambar]

Melalui Instagram pribadinya, Putri kerap mengunggah ia sedang cover lagu hits dengan diiringi piano. Suara yang merdu dan penuh penghayatan membuat siapapun yang mendengar akan tersentuh. Ia berhasil menunjukkan pada dunia jika orang yang punya keterbatasanpun bisa melakukan hal yang lebih.

BACA JUGA: 5 Tokoh Difabel yang Menginspirasi Banyak Orang di Seluruh Dunia

Perjuangan Putri tidak didapat secara instan. Ia mengalami banyak rintangan sebelum dikenal dan menjadi idola netizen. Putri pernah dibully, dibedakan dari yang lain, bahkan tidak punya teman. Tapi, karena keinginan kuat untuk membuktikan ia bisa, sekarang siapa sih yang enggak meleleh saat mendengar ia bernyanyi?

You May Also Like