Alasan Mengapa Kue Artis Tak Lagi Ada Gaungnya, Padahal Dulu Hits dan Laris Manis – Berita Viral

Bisnis kue artis ramai dalam tahun 2017-2018, hampir setiap artis Indonesia punya usaha kue di berbagai kota besar di tanah air. Dalam waktu kurang dari satu tahun bisnis ini sangat viral dan menjamur. Setiap berkunjung ke suatu kota, maka membeli kue ini seolah adalah keharusan, padahal rasanya mungkin sama saja seperti kue kebanyakan yang dijual di toko bakery.

Lalu, sejak tahun 2019 hingga awal tahun ini, bisnis kue ini perlahan tidak terdengar lagi gaungnya. Bahkan, beberapa telah resmi tutup dan tak lagi beroperasi, akun-akun media sosial mereka juga sudah tak aktif. Mengapa ya kira-kira? Ini nih alasannya!

Sekadar bisnis ‘latah’ dan ikut-ikutan saja

Kue Artis [sumber gambar]

Seperti melansir dari cnbcindonesia.com, kue kekinian milik para artis ini menjadi salah satu korban bisnis latah di Indonesia. Bisnis ini sama seperti Es Kepal Milo yang cepat menyebar dan cepat gulung tikar pula. Saat ini Indonesia punya bisnis latah es kopi yang menjamur di mana-mana, namun belum bisa dipastikan kapan akan mengikuti jejak para pendahulunya. Untuk membangun bisnis yang bisa bertahan lama itu dibutuhkan waktu yang cukup panjang, tidak hanya asal jadi saja. Sedangkan para artis ini, membangun bisnis hanya karena memanfaatkan ‘viral’ semata.

Sudah terlalu banyak kue yang sama, hanya beda nama saja

Kue Artis [sumber gambar]

Karena bisnis ini seperti ‘latah’, maka tidak banyak pula ide yang bisa dipikirkan dengan matang dan dalam jangka waktu yang panjang. Lihat saja, hampir semua kue yang mereka jual pada waktu itu sama saja, kalau enggak lapis, bolu roll, atau mungkin pastry. Rasa yang ditawarkan juga enggak jauh dari cokelat, rasa buah, red velvet, vanilla, dsb. Yang membedakan antara satu dan yang lain hanya namanya saja.

Rasa tidak terlalu enak, hanya dibantu nama artisnya saja

Fenomena kue artis ini sempat dianggap mematikan usaha-usaha para pedagang dan UMKM kecil. Mereka sudah punya nama, makanya kuenya bisa laku dan banyak yang membeli. Bahkan, banyak review food vlogger yang mengatakan kalau rasa dari kue tersebut biasa saja, enggak ada yang istimewa. Hanya saja, bisnis kue ini terbantu oleh nama si artis –yang bahkan mungkin tak pernah turun tangan langsung membuat atau meracik resepnya. Di samping itu, saat orang membeli kue ini, mereka kadang hanya kepo dengan rasa, bukan memang datang karena ketagihan dengan rasanya.

Kuenya sama seperti yang sudah ada, bahkan bisa buat sendiri di rumah

Nah, yang terakhir adalah kue-kue ini sangat mudah dibuat sendiri, apalagi bagi mereka yang suka masak. Hampir semua kue artis ini merupakan bolu biasa yang diberikan berbagai rasa di bagian tengahnya (ada pula yang dibuat dalam bentuk pastry). Selain itu, di bagian atas kue tinggal ditambahkan berbagai macam toping saja. Kue-kue seperti ini juga enaknya dimakan dalam momen tertentu saja, tidak setiap saat, karena mudah bikin bosan.

BACA JUGA: Ups! 5 Kue Kekinian Artis Ini Pernah Dihujat Habis-habisan, Ada Favoritmu?

Hingga sekarang, bisa dihitung dengan jari merk yang masih bertahan. Itupun mungkin tinggal menunggu waktu saja untuk ia menghilang dari peredaran. Membangun bisnis yang bisa bertahan lama itu memang butuh proses, bukan hanya memanfaatkan viral semata.

You May Also Like