5 Fakta Gus Muwaffiq, Kiai Kondang Tanah Air yang Ceramahnya Dianggap Menghina Nabi – Berita Viral

Sosok pendakwah Ahmad Muwafiq atau Gus Muwafiq mendadak jadi sorotan karena ceramahnya yang diduga menghina Nabi Muhammad SAW. Dilansir dari Nasional.tempo.co, ia sempat menyebut Nabi saat kecil rembes karena ikut kakeknya dalam potongan video ceramahnya yang kemudian viral.

Alhasil, Gus Muwafiq pun menjadi sorotan dan menuai kritikan karena dianggap menghina Nabi Muhammad. Meski demikian, dirinya telah memberikan klarifikasi lewat video dan meminta maaf atas ceramahnya yang telah menimbulkan kegaduhan tersebut. Lantas, siapakah sosok Gus Muwafiq sebenarnya?

Aktif berorganisasi dan sempat menjadi asisten pribadi KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur)

Gus Muwafiq (baju putih) saat bersama Gus Dur dalam sebuah kesempatan [sumber gambar]

Semasa menempuh pendidikan tinggi di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Gus Muwafiq dikenal aktif dalam organisasi kemahasiwaan. Tak hanya sekedar berorganiasi, Kiai kelahiran Lamongan, 2 Maret 1974 itu juga sempat didapuk menjadi Sekretarias Jenderal Mahasiswa Islam se-Asia Tenggara, juga dipercaya menjadi asisten pribadi KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Sosok penceramah yang populer di Youtube

Sosok penceramah yang populer di Youtube [sumber gambar]

Sosok Gus Muwafiq banyak dikenal sebagai penceramah yang populer di YouTube. Dengan gayanya yang khas, dirinya kerap memberikan tausiyah yang mudah dipahami dan dicerna oleh para hadirin yang ada. Merujuk tulisan Ahmad Naufa Khoirul Faizun pada laman Nu.or.id, Gus Muwafiq menjadi rujukan untuk ragam persoalan tentang fiqih, ubudiyah, sejarah, keislaman, sampai kebangsaan.

Sempat mengisi tausiah Maulid Nabi Muhammad SAW di Istana Bogor

Pada acara memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW di Istana Bogor tahun 2018 silam, Gus Muwafiq didapuk untuk mengisi kajian keagamaan. Acara resmi yang banyak hadiri oleh para pejabat Negara itu, dibuat sangat cair oleh Gus Muwafiq dengan selingan cerita lucu di sela-sela ceramahnya. Alhasil, banyak dari hadirin yang datang dibuat tertawa oleh tausiyahnya yang menghibur.

Pendakwah yang memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas

Sebagai seorang pendakwah, sosok Gus Muwafiq bisa dibilang merupakan figur Kiai yang serba bisa. Selain menyampaikan ceramah soal agama, dirinya juga sangat menguasai pengetahuan umum yang meliputi sejarah Indonesia maupun luar negeri, politik, ekonomi hingga sosial budaya.

Sosok Kiai humoris dengan ceramah yang menyejukkan

Figur Kiai yang dikenal dengan gayanya yang humoris dan ceramah yang santun [sumber gambar]

Dengan ciri khasnya berupa rambut gondrongnya, ceramah Gus Muwafiq banyak diminati lantaran dikemas dengan penyampaian yang mudah dicerna oleh pendengarnya. Tak lupa, ia juga kerap menyelipkan humor yang ditunjang dengan kemampuannya berorasi sehingga hal yang sulit pun bisa dipahami dengan baik.

BACA JUGA: Mengenal K.H As’ad Humam, Sosok Berjasa yang Bikin Anak 90an Pinter Ngaji Al’Qur’an

Terlepas dari kontroversi yang timbul dari ceramahnya, Gus Muwafiq dikenal sebagao sosok pendakwah yang memiliki kedalaman ilmunya yang luas di berbagai bidang, mulai dari agama hingga sejarah dalam mapu luar negeri. Kamu pernah melihat ceramahnya Sahabat Boombastis?

 

You May Also Like