4 Fakta Sosok Arteria Dahlan yang ‘Ngegas’ Terus dan Bentak Emil Salim di Acara Mata Najwa – Berita Viral

Nama Arteria Dahlan menjadi trending topic paling hot dan dibicarakan oleh seluruh netizen Indonesia. Bahkan, di Twitter Arteria Dahlan dan B.A.C.O.T memuncaki trending, buktinya kalau sosok satu ini memang sedang laris manis. Arteria membuat banyak orang geram perihal adu argumennya dengan Emil Salim dalam acara Mata Najwa yang dianggap kurang ajar.

Pasalnya, politisi dari partai PDIP ini menunjuk-nunjuk hingga menyebut Emil Salim sesat terkait perdapatnya tentang  Perppu KPK. Belum lagi, selama proses debat episode ‘Ragu-ragu Perpu’ ini, Arteria juga selalu ngegas dan enggak santai. Ya, siapa dong yang enggak geram melihat hal itu, apalagi Emil Salim bukan sembarang orang, beliau adalah Menteri era kepemimpinan Soeharto.

Arteria tak marah profilenya di Wikipedia diedit oleh netizen

Karena geram dengan sosok Arteria, netizen mengubah profile Arteria yang ada di Wkipedia –seperti kita tau bahwa Wikipedia memang bisa diedit siapapun juga. Yang tadi gelarnya hanya S.T, S.H, M.H, netizen menambahkan B.A.C.O.T sebagai gelar penutup. Hal tersebut dinilai karena Arteria terlalu ceplas-ceplos dan hobi memotong pembicaraan lawan debatnya, dengan nada yang ngegas dan emosi pula.

Arteria on Wikipedia [sumber gambar]

Terkait dengan hal ini, Arteria tak merasa tersinggung. Baginya, itu bukanlah hal yang penting. Karena di negara demokrasi setiap orang bisa berbicara dan berpendapat dengan bebas. Hingga sekarang, profile karangan netizen tersebut sudah tidak ada lagi, tapi jejak digital itu memang kejam, karena screenshootnya sudah tersebar di berbagai media.

Anggota DPR RI yang merangkap pengacara

Arteria Dahlan adalah salah satu anggota DPR RI dari partai PDIP. Ia dilantik pada 2015 mewakili daerah pemilihan (dapil) Jawa Timur VI. Posisinya saat itu menggantikan menggantikan Djarot Saiful Hidayat, yang terpilih sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta. Tahun ini, Arteria terpilih kembali untuk masa jabatan DPR RI lima tahun ke depan, peride 2019-2024.

Arteria Vs Emil Salim [sumber gambar]

Rekam jejaknya tak hanya ada di bidang politik saja, tetapi juga di dunia hukum. Arteria tercatat sebagai pengacara di Hutabarat, Halim & Rekan pada tahun 2000 hingga 2002. sosoknya juga pernah menjadi Senior Lawyer di Bastman & Co. Pada 2009, Arteria mendirikan kantor hukum sendiri, yang ia beri nama Arteria Dahlan Lawyers.

Pernah menjabat sebagai Sekjen PB PSI

Melansir indosport.com, sosok Arteria Dahlan ini pernah menjabat sebagai Sekretaris Jenderal PB Persatuan Squash Indonesia (Sekjen PB PSI) periode 2004-2009. Tak hanya itu, dirinya juga pernah menjadi Anggota Departemen Pemuda dan Olahraga DPP PDI Perjuangan pada 2005-2010. Di dunia olahraga, Arteria Dahlan cukup berperan, selain dua jabatan di atas, dirinya juga dalam jangka waktu 2009-2011 menjabat sebagai Anggota Komite Banding PSSI.

Pernah berkecimpung di dunia olahraga [sumber gambar]

Bahkan di 2011, ia menjadi salah satu Anggota Komite Pemilihan PSSI. Terakhir, di tahun yang masih sama (2011), Arteria Dahlan tercatat memegang posisi Legal Advisor Komite Normalisasi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia.

Harta kekayaan yang miliaran Rupiah

Karena viral pake banget, maka banyak sekali orang memadati Google hanya untuk searching semua hal yang berkaitan dengan dirinya, termasuk harta kekayaan. Melansir Akurat.co, situs elhkpn.kpk.go.id, Arteria Dahlan memiliki harta kekayaan senilai 18 Miliar Rupiah lebih.

Arteria Dahlan [sumber gambar]

Harta tersebut bersumber dari tanah dan bangunan, kendaraan mewah, serta uang kas. Namun, dalam catatan KPK dari LHKPN, Arteria juga memiliki utang kurang lebih Rp8,8 miliar. Sehingga kalau ditotal sih hartanya sekitar 13 Miliar, tanpa utang. Udah bisa dikatakan orang kayah enggak nih?

BACA JUGA:

Nah, begitulah sosok yang sedang naik daun ini viral dan mendapat hujatan dari banyak masyarakat. Yah, berpendidikan, kaya raya, dan sudah berkarier hingga level internasional memang boleh saja ya, tapi sopan santun dan etika juga harus dijaga. Mungkin begitu nasihat netizen dari protes melalui laman Wikipedia milik Arteria.

You May Also Like